Surya/

Citizen Reporter

Tebar dan Semprot Pupuk Kian Mudah dengan Mesin Rakitan Mahasiswa UM

kehadiran mesin semi otomatis yang sanggup menebar dan menyemprotkan pupuk dengan bantuan tenaga surya ini sungguh sangat membantu kinerja petani ...

Tebar dan Semprot Pupuk Kian Mudah dengan Mesin Rakitan Mahasiswa UM
pixabay
ilustrasi 

Reportase Rosabiela Irfa Andina
Mahasiswa Universitas Negeri Malang

IDE hebat dicetuskan lima Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Negeri Malang (UM) dalam memanfaatkan tenaga sinar matahari menjadi mesin penebar dan penyemprot pupuk semi otomatis untuk membantu pengelolaan pertanian.

Diprakarsai Farid Hasanuddin, didukung tim beranggotakan Irfan Arnanda, Anwar Faishol Faridi, Andry Ariadi, dan Mohammad Tri Bahana Lazuardi. Mereka dibimbing Dr Widiyanti M.Pd, dosen Teknik Mesin UM.

Dalam usaha tani atau produksi tanaman, perawatan yang meliputi penyiraman, penyemprotan maupun pemupukan memiliki peranan yang sangat penting sebagai penentu kualitas dan kuantitas produksi pertanian.

Proses perawatan tanaman dengan cara konvensional memerlukan waktu lama. Untuk meningkatkan efisiensi produksi pertanian, keberadaan mesin semi otomatis bertenaga surya sebagai sumber enegi ini sangat mendukung.

Mesin penyebar dan penyemprot pupuk semi otomatis tersebut diselesaikan selama 4 bulan, sejak 2 Februari 2017 lalu. Mesin menggunakan panel surya ini memiliki dua fungsi, yaitu sebagai penebar pupuk (dalam bentuk bubuk) dan penyemprot (dalam bentuk cair).

Cara kerja mesin penebar pupuk yaitu dengan perputaran spreader di bawah tangki pupuk yang digerakkan oleh motor listrik sehingga spreader dapat menebarkan pupuk.

Sedangkan untuk penyemprot digunakan bantuan pompa yang dapat menyemprotkan pupuk cair.

Kedua sistem menggunakan aliran listrik dari konversi panas matahari pada solar sel yang disimpan pada kapasitor berupa aki.

Uniknya, mesin ini dilengkapi dengan roda berdiameter 60 cm yang  digerakkan oleh motor listrik yang berbeda dari penggerak spreader. Dengan begitu, tanpa digerakkan manusia mesin ini dapat bergerak secara otomatis.

Manfaat dari mesin penebar dan penyemprot pupuk tenaga surya ini dapat memudahkan petani dalam menebarkan dan menyemprotkan pupuk, sehingga proses pekerjaan petani lebih efisien.

Di samping itu, penggunaan tenaga surya pada mesin juga dapat mengatasi maraknya permasalahan krisis energi.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help