Surya/

Parkir Mobil Sembarangan di Bandara Juanda, Siap-siap Ban Digembosi Petugas

Kalau anda kebetulan berkendara mobil ke Bandara Juanda, jangan berani-berani parkir sembarangan. Bisa-bisa, ban mobil anda gembos. Ini buktinya...

Parkir Mobil Sembarangan di Bandara Juanda, Siap-siap  Ban Digembosi Petugas
surabaya.tribunnews.com/Nuraini Faiq
Petugas menggembosi ban mobil yang diparkir sembarangan di Bandara Juanda, Senin (17/7/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Petugas di Bandara Internasional Juanda mengambil langkah tegas untuk menindak pemilik mobil yang memarkir kendaraannya secara sembarangan. 

Senin (17/7/2017), mereka menggembosi ban kendaraan yang diparkir tidak pada tempatnya itu. 

Melihat hal ini, pemilik mobil hanya bisa pasrah. Bahkan, mereka tak berani mendekat saat petugas menggembosi ban mobil. Mereka hanya melihat pemandangan itu dari jauh. 

"Tapi ada baiknya dikasih tahu melalui surat di mobil atau apa," komentar Baihaqi, salah satu calon penumpang pesawat yang menyaksikan penggembosan ban mobil. 

General Manager PT Angkasa Pura 1 Juanda, Yuwono, mengatakan bahwa tindakan tegas itu diambil karena selama ini banyak kendaraan yang parkir tidak pada tempat yang seharusnya. 

"Selama ini banyak kendaraan parkir ngawur. Kami sudah tulis besar-besar di pintu masuk kalau parkir ngawur akan ditindak tegas," kata General Manajer PT Angkasa Pura 1 Juanda, Yuwono.

Dia menambahkan, tindakan tegas ini diambil semata karena mereka ingin meningkatkan kualitas layanan di bandara agar semua merasa nyaman. 

Apabila disebut luas area parkir kurang, Yuwono menampiknya. Menurutnya, sejak Juni 2017 lalu pengelola bandara telah memperluas area parkir mobil dengan mengambil sebagian lahan parkir motor. Sementara, lokasi parkir motor yang luas dialihkan ke jalan tembus Kantor Otoritas Bandara.

"Jadi, untuk parkir kendaraan yang tidak pada tempatnya diambil tindakan penggembosan ban dan sebagian diarahkan untuk parkir yang telah ditentukan. Terutama yang parkir di jalur cepat seperti di depan pintu masuk gerbang terminal. Atau di jalur cepat sebelum terminal juga ditertibkan," tuturnya. 

Manajer Aviation Security (Avsec) Bandara Juanda, Sukirman menuturkan bahwa patroli penetiban kendaraan itu memang rutin digelar. Namun banyak yang tidak kapok.

"Setiap kami patroli dalam satu shift minimal 5 kendaraan ditindak. Setiap shift minimal 1 kali patroli. Kami sudah patroli 32 hari. Jadi ada kalau 480 kendaraan kami tindak," tandas Sukirman.

Tidak hanya parkir melanggar yang ditertibkan dalam patroli rutin tersebut. Mereka juga menyisir keamaanan di setiap Gate. Termasuk menyisir penumpang yang merokok di ruang tunggu dan bukan pada tempatnya.  

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help