Surya/

Berita Surabaya

Hari Pertama, Siswa Sekolah Ini Rangkum Cerita Dalam Empat Bahasa

SMP Negeri 19 Surabaya yang meluncurkan kegiatan baru dalam hari pertama sekolah sekaligus LOS (Layanan Orientasi Siswa)

Hari Pertama, Siswa Sekolah Ini Rangkum Cerita Dalam Empat Bahasa
surya/sulvi sofiana
LOS (Layanan Orientasi Siswa) di SMP Negeri 19 Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Inovasi sekolah dalam menghidupkan hari pertama sekolah sangat beragam.

Seperti di SMP Negeri 19 Surabaya yang meluncurkan kegiatan baru dalam hari pertama sekolah sekaligus LOS (Layanan Orientasi Siswa) bagi siswa barunya.

Bertajuk SBTB (Siswa Baru Tampil Beda) kegiatan ini melibatkan semua siswa baru berjumlah 456 orang.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan rasa percaya diri siswa baru sebagai siswa jenjang sekolah menengah.

Kepala SMP Negeri 19, Shahibur Rachman menjelaskan kegiatan ini semua siswa/siswi baru diberi naskah bacaan, berjudulnya "Mengejar cita-cita".

Para siswa akan dibagi 12 gugus (kelas), dengan jumlah setiap gugus berisi 38 siswa.

Setelah membaca, siswa diminta merangkum teks bacaan tersebut dengan empat pilihan bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa lnggris , Bahasa Jawa dan Bahasa Suroboyoan.

"Semua siswa-siswi wajib tampil di depan kelas, dengan pilihan bahasa yang berbeda-beda. Di sinilah namanya kegiatan SBTB, tidak menutup kemungkinan waktu jenjang Sekolah Dasar para siswa-siswi punya potensi untuk empat bahasa tersebut,” jelasnya.

Menurut mantan Kepala SMP Negeri 27 dan 37 Surabaya ini, kegiatan ini baru pertama kali dilakukan di tingkat SMP, setelah pihaknya bersama dewan guru mengkaji pelaksanaan LOS dari tahun ke tanun.

"Dari Kegiatan SBTB ini , pihak sekolah sudah bisa melihat potensi anak didik sejak dini dalam berbagai aspek. Mulai membaca, menulis, merangkum kemudian presentasi di depan kelas,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help