Surya/

Liputan Khusus

VIDEO - Mantan Teroris Mengungkap Mudahnya Bikin Bom

Hampir semua alat dapur bisa digunakan untuk membuat bom. Selain panci, ada ratusan peralatan dapur lain yang dapat dipakai

SURYA.co.id | LAMONGAN – Hampir semua alat dapur bisa digunakan untuk membuat bom.

Selain panci, ada ratusan peralatan dapur lain yang dapat dipakai untuk container bom.

Demikian ungkap Ali Fauzi, mantan instruktur perakitan bom Jamaah Islamiyah (JI) saat ditemui SURYA.co.id  di sekretariat yayasan Lingkar Perdamaian, Desa Tenggulun, Kecamatan Solokuro, Lamongan, pekan lalu.

Mantan kombatan ahli perakitan bom yang sempat mengenyam pendidikan militer di Afganistan, Filiphina, Poso dan sejumlah tempat lain ini menceritakan betapa mudahnya membuat bom.

“Termasuk handphone ini, juga bisa menjadi bom yang daya ledaknya luar biasa dan sangat mematikan,” ujar adik terpidana teroris, Ali Gufron, Ali Imron dan Amrozi tersebut sambil memegang songkok hitam yang dikenakan dan smartphone miliknya.

Bagaimana caranya? Ali Fauzi bersedia membeber secuil rahasia itu agar tidak sampai ditiru dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

“Bukannya bermaksud sombong, tapi bagi orang yang pernah belajar merakit bom seperti saya, membuat bom itu jauh lebih mudah ketimbang membuat layang-layang,” selorohnya.

Baca selengkapnya di laporan khusus Harian SURYA edisi 17-19 Juli 2017.

Penulis: M Taufik
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help