Surya/

Road to Election

Soal Jabatan, Cak Nur Serahkan Kepada Demokrat

Meski telah mendaftar ke Partai Demokrat, Cak Nur belum tahu posisi apa yang akan dia bidik di Pilkada Jatim. Menurutnya, itu terserah Demokrat.

Soal Jabatan, Cak Nur Serahkan Kepada Demokrat
surabaya.tribunnews.com/Bobby Constantine Koloway
Bacagub Jatim, Nurwiyatno (kedua dari kanan), menerima berkas formulir pendaftaran bacagub-bacawagub dari ketua Penjaringan Partai Demokrat, Maskur, dengan disaksikan Sekretaris DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio, Minggu (16/7/2017) di DPD Demokrat Jatim. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Meski telah mendaftar di Partai Demokrat, Nurwiyatno ternyata tak menyebut detail jabatan, yakni satu di antara posisi calon gubernur (cagub) atau calon wakil gubernur (cawagub), melainkan keduanya.

Menurut pria yang akrab disapa Cak Nur ini, ia menyerahkan mekanisme penunjukan jabatan tersebut kepada internal partai.

"Banyak yang tanya, saya daftar sebagai cagub atau cawagub. Saya tegaskan disini bahwa saya siap untuk ditunjuk menjadi keduanya. Oleh karena itu, saya tak mencantumkan jabatan yang saya ambil," ujar Cak Nur pada penjelasannya di sela pengambilan formulir bacagub-bacawagub di DPD Partai Demokrat Jatim, Minggu (16/7/2017).

Apabila ia ditunjuk menjadi calon gubernur, ia mengaku tengah menyiapkan visi maupun misi, yang menurutnya segaris dengan kehendak partai. Namun, apabila nantinya ia dipilih sebagai wakil gubernur, ia juga mengaku akan dengan senang hati menjadi pendamping calon gubernur yang direkomendasi oleh partai berlambang mercy tersebut.

Baca: Daftar di Demokrat, Cak Nur Siap Ikuti Langkah Pakde Pimpin Jatim

Sebagaimana diketahui, Nurwiyatno memang menjadi kandidat ketiga yang mendaftar di partai besutan Susilo Banbang Yudhoyono ini. Sebelumnya, ada nama Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, dan Wakil Ketua DPP Demokrat, Nurhayati Ali Assegaf yang telah mengambil formulir terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya.

Baik Gus Ipul maupun Nurhayati, sama-sama mendaftar sebagai calon gubernur.

"Saya mengenal baik keduanya. Saya siap untuk berkompetisi maupun membantu apabila nantinya ditunjuk untuk mendampingi keduanya," lanjut mantan Plt Walikota Surabaya ini.

Tak hanya dengan menyiapkan program, ia juga memiliki mesin organisasi, yang nantinya akan bergerak untuk membantu proses pemenangannya.

"Sebagai Ketua PA GMNI (Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia) Jatim, kami optimis bisa menyosialisasikan tawaran program kami hingga ke daerah," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim, Renville Antonio, mengatakan bahwa pihaknya akan memilih bakal kandidat yang terbaik. Di antaranya, dengan melalui visi misi yang ditawarkan dan potensi kemenangan berdasar hasil survei pihaknya.

"Saya berharap seluruh kandidat bisa segera menyerahkan 19 berkas persyaratan yang telah kami tentukan. Termasuk, video profile masing-masing calon. Sebab, dari situ kami bisa melihat gambaran tokoh maupun prestasi sebelum kami menilai nantinya," kata Renville di tempat yang sama. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help