Surya/

Berita Pasuruan

Gus Irsyad Dapat Satya Lencana Bidang Kependudukan dan KB, Ternyata Ini Rahasianya. . .

Memiliki komitmen tinggi dalam mendukung program Pemerintah Pusat, yakni Program Keluarga Berencana.

Gus Irsyad Dapat Satya Lencana Bidang Kependudukan dan KB, Ternyata Ini Rahasianya. . .
surya/istimewa
Gus Irsyad menerima Anugerah Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan tahun 2017 dalam Bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana 

SURYA.co.id | PASURUAN - Dalam sepekan, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf berhasil menyandang dua penghargaan sekaligus.

Gus Irsyad, sapaan akrab Bupati Pasuruan menerima Anugerah Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan tahun 2017 oleh Pemerintah Pusat dalam Bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana yang diwakilkan kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani.

Penyerahan tanda anugerah ini dilakukan dalam acara Puncak Hari Keluarga Nasional ke XXIV tahun 2017 di Provinsi Lampung, Sabtu (15/07/2017) sore.

Penghargaan ini merupakan penghargaan yang kedua diterima Gus Irsyad dalam masa kepemimpinannya.

Tanda Kehormatan Satya Lencana tersebut karena Gus Irsyad berhasil memiliki komitmen tinggi dalam mendukung program Pemerintah Pusat, yakni Program Keluarga Berencana.

Sebelumnya, Gus Irsyad menerima Tanda Kehormatan “Satya Lencana Pembangunan” bidang Koperasi tahun 2017.

Kepada SURYA.co.id Gus Irsyad mengatakan masalah kependudukan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan.

Ia menjelaskan, bahwa hal itu perlu dilakukan untuk mengantisipasi ledakan penduduk yang bisa saja terjadi apabila tidak ada sosialisasi program KB dengan dua anak cukup maupun program pengendalian peningkatan jumlah penduduk setiap waktunya.

"Kegiatan tersebut sesuai dengan visi dan misi menuju Kabupaten Pasuruan yang sejahtera dan maslahat. Kabupaten Pasuruan sendiri memiliki banyak penduduk yang beragam, baik dari profesi sampai dengan usia. Maka dari itu, dalam bidang kependudukan harus selalu didukung," katanya.

Setiap hari, kata dia pihaknya terus mensosialisasikan program KB dua anak cukup kepada seluruh masyarakat se-Kabupaten Pasuruan.
Ditambahkannya, untuk mendukung program KB, pihaknya telah mencanangkan Kampung KB yang dimulai tahun 2015 lalu.

Sebagai percontohan, program ini dilakukan Dusun Kalikunting, Desa Tambakan, Kecamatan Bangil, sebagai Pilot Project (Proyek Percontohan).

Lebih lanjut Irsyad menambahkan, Program Kampung KB sejalan dengan Program Kabupaten Pasuruan Maslahat.

Dalam artian akan menyatu dengan program Desa Maslahat (maju, aman, sehat lahir batin, adil dan bermartabat), dengan mensinergikan program pemerintah Kabupaten mneuju terwujudnya desa mandiri.

“Kami berharap kesejahteraan masyarakat akan meningkat setelah mengikuti KB dan pembangunan keluarga yang dilaksanakan secara tematik lewat program Kampung KB," pungkasnya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help