Surya/

Berita Probolinggo

Bupati Cantik Ini Sebut Keluarga Punya Tiga Fungsi Utama, Apa Itu?

Menurutnya, sebuah keluarga perlu didorong agar mampu mengimplementasikan dua fungsi utama.

Bupati Cantik Ini Sebut Keluarga Punya Tiga Fungsi Utama, Apa Itu?
surya/istimewa
Bupati Probolinggo P Tantriana Sari saat menerima penghargaan. 

SURYA.co.id | PROBOLINGGO - Bupati Probolinggo P Tantriana Sari menjadi salah satu penerima Anugerah Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan tahun 2017 Pemerintah Pusat dalam Bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana.

Penyerahan ini diwakilkan kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani, dalam acara Puncak Hari Keluarga Nasional ke XXIV tahun 2017 di Provinsi Lampung, Sabtu (15/07/2017).

Dalam kesempatan ini, Tantri mengajak semua keluarga di Probolinggo untuk merefleksikan diri.

Menurutnya, sebuah keluarga perlu didorong agar mampu mengimplementasikan dua fungsi utama.

"Memahami fungsi strategis sebuah keluarga itu sangat penting. Karena itulah kunci menjaga keharmonisan sebuah keluarga dan tetap menjadi keluarga yang berencana," katanya kepada SURYA.co.id, Minggu (16/7/2017).

Dia mengatakan, fungsi pertama keluarga adalah tempat pertama mengenal agama.

Ada 12 nilai dasar, yakni iman, taqwa, kejujuran, tenggang rasa, rajin, ketaatan, suka membantu, disiplin, sopan santun, sabar dan ikhlas serta kasih sayang.

"Jika tidak dikenalkan bisa berbahaya, karena anak-anak akan menjadi anak yang buta tentang agama, sehingga berdampak pada attitude atau perilakunya," paparnya.

Kedua, kata dia, bahwa keluarga memiliki tanggung jawab untuk menanamkan nilai luhur yang selama ini sudah menjadi panutan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Menjaga toleransi, saling menghargai satu sama lain, gotong royong, sopan santun, menjaga kebersamaan dan kerukunan, kepedulian, dan cinta tanah atau nasionalisme, itu tanggung jawab keluarga. makanya keluarga harus berperan penting," jelasnya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help