Surya/

Berita Surabaya

Surabaya Kebut Pembangunan Tanggul Laut Senilai Rp 30 Miliar

#SURABAYA - Persiapan pembangunan tanggul laut di kawasan Surabaya Barat kini dikebut untuk mulai dibangun oleh Dinas PU Bina Marga dan Pematusan.

Surabaya Kebut Pembangunan Tanggul Laut Senilai Rp 30 Miliar
pu.go.id
ILUSTRASI - Tanggul laut di Jakarta. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Persiapan pembangunan tanggul laut di kawasan Surabaya Barat kini dikebut untuk mulai dibangun oleh Dinas PU Bina Marga dan Pematusan.

Pasalnya saat ini lelang untuk proyek tanggul laut itu sudah mendapatkan pemenang. Saat ini DPUBMP tengah mengeruk sungai Kalianak untuk mempersiapkan fisik proyek tanggul laut.

"Sekarang ini sudah kita lakukan pengerukan untuk sungai Kalianak. Penaggulan ini akan kita lakukan di samping kanan dan kiri sungai sampai ketemu laut dekat wadung kita di Morokrembangan," kata Erna, Sabtu (15/7/2017).

Disampaikan Erna tanggul ini akan dibangun dengan panjang tujuh kilo. Yang dimulai di kawasan Greges. Hingga Morokrembangan. Pembangunan tanggul ini akan menggunakan dana APBD sebanyak Rp 30 miliar.

"Kita bangun tanggul laut ini untuk antisipasi banjir rob. Warga di kawasan surabaya barat dan utara itu sering mengeluhkan adanya banjir rob. Maka kita bangunkan tanggul agar bisa menghindari rob atau arus laut balik ke darat," kata Erna.

Lebih lanjut, persiapan untuk tanggul ini baru pengerukan sungai. Serta membersihkan rumah-rumah liar yang ada di kawasan sungai.

Lebar sungai yang mulanya 30 meter saat ini hanya tersisa sekitar empat meter saja. Oleh sebab itu dibutuhkan pengerukan sungai agar pembangunan tanggul bisa berjalan lancar.

"Nanti tanggulnya sampai ketemu pompa kita di Kandangan dan Morokrembangan," kata Erna. Dengan pembangunan dimulai tengah tahun ini, diharapkan akhir tahun 2017 tanggul tersebut sudah rampung.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help