Surya/

Berita Banyuwangi

Puteri Pariwisata Asia Tenggara Ikut Banyuwangi Ijen Green Run 2017

Putri Pariwisata, Dikna Faradiba, sudah komunikasi pada kami akan ikut Ijen Green Run," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi.

Puteri Pariwisata Asia Tenggara Ikut Banyuwangi Ijen Green Run 2017
haorrahman
Putri Pariwisata Asia Tenggara, Dikna Faradiba, akan turut serta di Banywangi Ijen Green Run 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Puteri Pariwisata Asia Tenggara 2016, Dikna Faradiba, akan mengikuti Ajang olahraga sembari menikmati pesona kaki Gunung Ijen, Banyuwangi Ijen Green Run 2017, yang akan digelar, 23 Juli.

"Putri Pariwisata, Dikna Faradiba, sudah komunikasi pada kami akan ikut Ijen Green Run," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi, Wawan Yadmadi, Sabtu (15/7/2017).

Wawan mengatakan, nantinya Dikna juga akan membawa teman-temannya untuk ikutan dalam even yang masuk dalam agenda Banyuwangi Festival 2017 tersebut.

Menurut Wawan, hingga saat ini sekitar 400 pelari dari manca negara maupun berbagai daerah di Indonesia, telah mendaftarkan diri melalui online.

Mereka datang dari berbagai kabupaten/kota. Di antaranya dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Kediri, Madiun, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Denpasar, Buleleng, Badung, Jember, Pasuruan, Situbondo. Selain itu, ada peserta dari Bekasi, Tangerang, dan Palangkaraya.

"Di data panitia juga terus bertambah, karena pendaftarannya online, jadi dari waktu ke waktu terus bertambah. Termasuk sudah ada para peserta dari luar negeri, ada dari Jerman, Thailand, Kenya, dan beberapa lagi," kata Wawan.

Banyuwangi Ijen Green Run sudah digelar untuk kali kedua sejak 2016. Ajang ini memadukan konsep olahraga lari dengan rute alam bebas (trail run) di kaki Gunung Ijen.

Banyuwangi Ijen Green Run terbagi dalam tiga kategori, yaitu kelas 5 KM, 15 KM, dan 27 KM.

Para pelari akan melintasi lereng, tanjakan curam, belantara perkebunan cengkeh, hutan mahoni, lansekap sawah nan hijau, dan menyeberangi sungai dengan latar Pegunungan Ijen yang menjulang.

Tak hanya menyuguhkan bentang alam yang hijau dan menakjubkan, suguhan kultur kehidupan masyarakat pegunungan juga akan menambah warna warni Banyuwangi Ijen Green Run kali ini.

Track yang dilalui pelari tiap kelasnya memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Di kelas 5 km misalnya, Pelari akan menyusuri jalan setapak sekitar Jiwa Jawa Resort, menyeberangi sungai Kalongan dan kampung penduduk.

Ada tanjakan 'patah hati', di kelas 15 km. Tanjakan sepanjang 70 meter ini memiliki kemiringan sekitar 40 derajat.

Sedangkan di kelas 27 kilometer pelari akan melintasi tanjakan dan turunan dengan kemiringan 20 derajat sepanjang 8 kilometer di Kluncing. Serta track-trak yang memiliki tantangan tersendiri. 

Penulis: Haorrahman
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help