Surya/

Citizen Reporter

Kalilo Kali Bersih Plus Spot Selfie ala Banyuwangi

warga harus berpikir 1000 kali jika akan membuang sampah atau buang hajat di Kalilo yang kini menjadi cantik, bersih, dan warna warni ...

Kalilo Kali Bersih Plus Spot Selfie ala Banyuwangi
muammal jasin/citizen reporter
Kampung warna warni dan sungai Kalilo Banyuwangi 

Reportase Muammal Jasin
Pegiat Literasi

BERKUNJUNG atau sekadar lewat Banyuwangi, jangan lewatkan menyambangi jembatan Kalilo di Kelurahan Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.

Jembatan kecil penghubung dengan latar belakang tembok bercat warna warni mencolok, sungai yang bersih, menjadi spot selfie favorit para pehobi foto.

“Sebelumnya, Kalilo Banyuwangi ini adalah tempat yang kumuh, warga yang tinggal di bantaran sungai ini kalau buang hajat dan sampah ya di sungai,” ungkapHari, ketua RT 03/ RW II.

Hari menambahkan, sekarang warga bantaran sudah berubah. Mereka berpikir seribu kali kalau mau buang hajat atau buang sampah, karena sudah ada aturan dari kelurahan.

Hal senada diungkap Eko, warga bantaran Kalilo. Setelah satu tahun Kalilo ramai dijadikan tempat selfie, dan terpasang cctv tak ada lagi warga yang berani buang sampah sembarangan, apalagi  buang hajat di pinggir sungai.

Tak heran jika aliran Kalilo bersih dan menjadi tempat bermain anak-anak. Tak hanya warga bantaran Kalilo, tetapi juga dari kampung lain di sekitarnya.

“Spot dan suasana di Kalilo Banyuwangi ini sangat nyentrik untuk selfie,” ujar Ratna, pengunjung asal Situbondo.

Ratna menambahkan, latar belakang berupa rumah bercat warna-warni, jernihnya air sungai dan anak-anak yang sedang bermain air dan terjun dari tanggul ke sungai menjadi daya tarik Kalilo.

Tak heran bila Kalilo tak pernah sepi pengunjung, apalagi saat liburan Lebaran.

“Biasanya pagi atau sore banyak pengunjung, siang juga ada meskipuntidak banyak,” ujar Sum, warga bantaran Kalilo.

Sum menambahkan, mereka datang dari berbagai kota, ada yang dari Jember, Pasuruan, Surabaya, Sidoarjo, Madiun, dan kota-kota lain di JawaTimur.

Untuk selfie di Kalilo ini tak berbayar alias gratis. Pengunjung bebas berselfieria di sana.

“Alhamdulillah dengan dijadikannya Kalilo sebagai tujuan wisata, kampung kami menjadi bersih, indah dan semakin ramai dikunjungi wisatawan,” pungkas Hari, Ketua RT 03.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help