Surya/

Jelang Pilgub Jatim 2018

Gus Ipul : Pernyataan Cak Imim soal Pilkada Jatim harus Dilihat Utuh

"Statement Cak Imin tersebut berkaitan dengan statement sebelumnya. Itu tak bisa dipisahkan," jelas Gus Ipul.

Gus Ipul : Pernyataan Cak Imim soal Pilkada Jatim harus Dilihat Utuh
surya/bobby constantine koloway (Bobby)
Gus Ipul 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bakal Calon Gubenur Jatim, Saifullah Yusuf ikut berkomentar terkait pernyataan Ketua Umum, Muhaimin Iskandar, tentang pilkada Jawa Timur. Menurut pria yang akrab disapa Gus Ipul ini, pernyataan Cak Imin tersebut harus dilihat secara utuh dan tak bisa di pisahkan secara konteks dengan beberapa komentar sebelumnya.

Menurut pria yang masih menjabat Wakil Gubernur Jatim ini, Cak Imin menginginkan adanya persatuan Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur. Sebab, sebagai provinsi dengan mayoritas masyarakat berlatarbelakang NU, dukungan warga NU seharusnya tak terpecah. Termasuk, pada pilkada 2018 mendatang.

Pernyataan Cak Imin yang mendorong Presiden RI, Joko Widodo agar tak mengizinkan Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, tak mencalonkan diri pada pilkada tersebut disinyalir berhubungan dengan konsep persatuan NU tersebut.

"Statement Cak Imin tersebut berkaitan dengan statement sebelumnya. Itu tak bisa dipisahkan,' jelasnya kepada Surya.co.id, saat ditemui usai mengikuti Sidang Paripurna di DPRD Jatim, Jumat (14/7/2017).

Sekadar diketahui, baik Gus Ipul maupun Khofifah memang sama-sama berlatarbelakang NU.

Gus Ipul menjabat sebagai wakil Ketua Pengurus Besar NU (PBNU), sedangkan Khofifah menjadi Ketua Muslimat NU.

Menurut Gus Ipul, karena sama-sama kader NU itulah, seharusnya dirinya dan Khofifah tak dibenturkan. Melainkan, harus berbagi peran.

"Memang sebaiknya berbagi peran. Saya di pemeritah daerah (gubernur), beliau fokus di pemerintah pusat (menteri). Itu sebenarnya pesan yang ingin disampaikan," lanjut pria yang juga pernah menjabat Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal ini.

Oleh karena itu, Gus Ipul pun tak mempermasalahkan penjelasan dari Cak Imin Kepada media tersebut.

"Itu bukan sebuah bentuk intervensi. Itu adalah usulan ide. Tak masalah," kata Gua Ipul.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help