Surya/

Berita Banyuwangi

Angkasa Pura II Terus Matangkan Pengembangan Bandara Blimbingsari Banyuwangi

"Bandara sangat bergantung ke pemerintah pusat. Hampir seluruhnya adalah kewenangan pemerintah pusat, ujar Bupati Anas.

Angkasa Pura II Terus Matangkan Pengembangan Bandara Blimbingsari Banyuwangi
surya/haorrahman
Tim Angkasa Pura II dan Perwakilan Kemenhub saat bertemu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Rencana BUMN pengelola bandara PT Angkasa Pura II (Persero) mengelola Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, terus dimatangkan.

Tim AP II sudah mengunjungi Kabupaten Banyuwangi untuk melakukan verifikasi aset yang ada di bandara dengan terminal hijau pertama di Indonesia tersebut.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, pengembangan bandara menjadi salah satu kunci mendorong kemajuan daerah.

Pemerintah daerah mendukung apapun keputusan pemerintah pusat terkait pengembangan Bandara Banyuwangi.

Selama ini, bandara tersebut dikelola Unit Pelayanan Bandar Udara (UPBU) Kementerian Perhubungan, dan direncanakan akan dikelola AP II.

"Bandara sangat bergantung ke pemerintah pusat. Hampir seluruhnya adalah kewenangan pemerintah pusat. Jadi kami dalam posisi mendukung apapun keputusan pemerintah pusat soal pengembangan bandara Banyuwangi ke depannya," ujar Anas, Jumat (14/7/2017).

Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi, Kusiyadi menambahkan, saat ini tiga pihak, yaitu Kemenhub, AP II, dan Pemkab Banyuwangi terus berkoordinasi. Saat ini telah dilakukan inventarisasi fasilitas apa saja yang akan ditambah di bandara.

"Koordinasi dilakukan untuk menyiapkan pola kerjasama dalam pengelolaan bandara," kata Kusiyadi.

Kusiyadi memaparkan, hasil dari verfikasi tersebut akan diserahkan pada Kemenhub. "Dari laporan itu juga, akan diketahui bagaimana pola kerjasama yang bisa dilakukan dengan Angkasa Pura II," kata Kusiyadi.

Kusiyadi mengatakan, strategi pengelolaan Bandara Banyuwangi nantinya akan berbeda dengan bandara lainnya. Konsep Green Airport yang dicanangkan Banyuwangi menjadi unggulan dalam pola pengembangan bandara.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help