Surya/

Liga Indonesia

Ini Penyebab Kiper Aji Saka Kejang-kejang dan Pingsan Usai Terbentur Tiang Gawang

Sebelum tim medis datang, pemain Persegres dan Arema FC kebingungan memberikan pertolongan pertama pada Aji Saka

Ini Penyebab Kiper Aji Saka Kejang-kejang dan Pingsan Usai Terbentur Tiang Gawang
surya/erfan hazransyah
Kiper Persegres Gresik United, Aji Saka, sesaat setelah terbentur gawang, Rabu (12/7/2017). 

SURYA.co.id | GRESIK - Kejang dan pingsan yang dialami Aji Saka, kiper Persegres Gresik, Rabu (12/7/2017) terjadi karena benturan keras di kepala bagian belakangnya.

Hal ini disampaikan Dr Hilman Mayantana, dokter tim Persegres Gresik United pada SURYA.co.id, Kamis (13/7/2017).

Menurut Hilman, kejang-kejang dan tak sadarkan diri yang dialami Aji ini secara medis terjadi bisa karena trauma kepala atau bisa karena kekurangan oksigen (hipoksia).

"Waktu kejadian sepertinya kepalanya membentur tiang gawang. Soalnya hasil pemeriksaan kemarin dia mengalami cedera kepala ringan dan konvulsi atau kejang," kata Hilman.

Sebelum tim medis datang, pemain Persegres dan Arema FC kebingungan memberikan pertolongan pertama pada Aji Saka yang kejang-kejang, sebelum akhirnya ambulans datang.

Untuk itu, Hilman menjelaskan, pentingnya langkah utama memberikan bantuan pada pasien yang mengalami kejang-kejang baik di lapangan maupun diluar lapangan, sebelum tim medis datang, sebab hal ini tak dipungkiri kerap dialami pemain saat berbenturan.

Langkah pertama ialah penolong wajib memeriksa air way atau jalan nafas (hidung dan mulut), kalau jalan nafas tertutup maka harus di bebaskan.

Sebab orang yang kejang biasanya tak sadar menggigit lidah sehingga jalan nafas dari mulut buntu.

"Orang kejang itu jalan nafasnya tertutup, kalau lewat mulut biasanya jalan nafasnya tertutup lidah dan gigi dan kemarin para pemain berusaha membebaskan jalan nafas Aji, dengan membuka mulutnya," ujarnya.

Langkah kedua yang harus dilakukan ialah memeriksa pernafasan atau breathing dan ketiga sirkulasi atau denyut nadi pasien masih berdetak atau tidak.

"Dan saya melihat masalah Aji di airway, breathing dan sirkulasi normal semua," jelasnya.

Dan meski telah diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit Ibnu Sina, Aji Saka tetap diminta beristirahat dalam beberapa hari kedepan.

"Satu minggu jika kondisi baik bisa mulai latihan ringan," tambah Hilman.

Untuk itu kemungkinan besar, kiper asal Malang tersebut harus absen saat Persegres menjalani laga tandang melawan PS TNI dipekan ke-15 Liga 1, Selasa (18/7/2017).

Penulis: Dya Ayu
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help