Surya/

Road to Election

Gus Ipul Berkeliling di Jatim, Khofifah: Saya Komunikasi di Pusat

Khofifah Indar Parawansa mengaku tak cemas dengan manuver bakal cagub yang kian rajin turun ke daerah. Ini alasannya...

Gus Ipul Berkeliling di Jatim, Khofifah: Saya Komunikasi di Pusat
Surabaya.tribunnews.com/Bobby Constantine Koloway
Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bakal Calon Gubernur (bacagub) Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengaku tak kawatir dengan manuver yang dilakukan bacagub lain jelang pilkada mendatang.

Perempuan yang masih menjabat Menteri Sosial RI ini mengaku lebih memilih menjalin komunikasi dengan jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) daripada di daerah.

Khofifah menjelaskan, sebagai menteri, ia tak kesulitan untuk menemui pimpinan partai. Bahkan, beberapa di antaranya berkawan akrab dengan Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama ini.

"Saya sering bertemu di Jakarta dengan mereka," kata Khofifah kepada Surya.

Misalnya saja dengan Ketua Umum Hanura, Oesman Sapta Odang (Oso), Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh, hingga Ketua Umum Golkar, Setya Novanto (Setnov).

"Dengan Pak Oso, saya berteman sangat lama. Juga dengan Pak Surya Paloh, lalu Pak Setnov, saya berteman dengan mereka," lanjut Ketua Muslimat NU ini.

Tak hanya dengan mereka, Khofifah mengaku juga menjalin komunikasi dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Zulkifli Hasan serta Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy (Romi).

"Mas Zul (Zulkifli Hasan) juga sejak saya di DPR sudah berteman, soalnya kita satu komisi. Mas Romi juga bukan hanya berteman dengan beliau, bahkan juga dengan ibunya," ujar mantan ketua Komisi VII DPR RI ini.

Tak hanya soal pemerintahan, topik pembicaraan antara Khofifah dengan para tokoh partai ini juga membahas pilkada. "Topik pembicaraannya ya banyak. Ada yang soal pilgub. Mereka malah yang tanya-tanya kepada saya," ujarnya.

Sehingga, ia pun tak kawatir dengan manuver kandidat lain yang telah melakukan pertemuan formal dengan beberapa partai di tataran elit Jawa Timur. Misalnya, Bacagub Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), yang telah mendatangi delapan dari sepuluh DPD maupun DPW di Jawa Timur.

"Sama (dengan Gus Ipuk). Komunikasi kita jalan terus. Baik secara formal maupun informal. Diskusinya ya soal solusi politik juga," lanjut perempuan yang pernah menjabat mantan Menteri Pemberdahayaan Perempuan ini.

"Kalau kita menjaga komunikasi, menjaga silaturrahmi, Insya Allah, solusi yang kita cari akan semakin mudah diputuskan," ujar perempuan yan juga pernah menjabat Ketua Fraksi PKB di MPR RI ini.

Dari sepuluh partai di Jawa Timur, memang baru Partai Kebangkitan Bangsa yang telah mendeklarasikan calon. Adalah Gus Ipul yang didaftarkan oleh partai berlambang sembilan bintang ini.

Sedangkan sembilan partainya masih melakukan mekanisme penjaringan dengan membuka pendaftaran bacagub maupun bacawagub. Beberapa di antaranya, ada pula yang tinggal menunggu rekomendasi dari DPP.

Meski belum deklarasi sebagai calon gubernur, sejauh ini ada dua partai yang menyatakan ketertarikannya untuk mengusung perempuan yang juga pernah menjabat Wakil Ketua DPR RI tahun 2009 ini. Mereka adalah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Nasdem. Bahkan, kedua partai ini juga mengusulkan nama kader untuk dipilih sebagai wakil . 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help