Surya/

Citizen Reporter

Es Krim Cabe, Berani Coba?

es krim cabe? ah yang bener?! ya, inilah inovasi 5 pelajar SMP PJ Global School Malang yang memanfaatkan tulang ikan lele menjadi es krim .. wow!

Es Krim Cabe, Berani Coba?
pixabay
ilustrasi 



Reportase Yosef Infan Chandra
Guru di PJ Globlal School Malang

DAHULU saat-saat menerima rapor terkesan menakutkan dan membuat dag-dig dug siswa dan orangtua. Namun, Senin (19/6/2017) lalu itu saat pembagian rapor di PJ Global School Malang, hanya ada suasana ceria. 

Sebelum rapor dibagikan, murid kelas 1-3 melakukan Student Led Confference (SLC), konferensi dan presentasi ala siswa. Sementara murid kelas 4 SD sampai kelas 8 SMP melakukan Project Based Learning (PBL).

SLC, konferensi siswa yang mempresentasikan aplikasi pembelajaran yang telah diajarkan selama satu semester. Dalam konferensi murid berbicara di depan umum secara aktif.

Disisi lain yang tak kalah menarik adalah PBL, dimana murid-murid mempresentasikan hasil proyek dari permasalahan nyata. Dalam PBL dan SLC ini murid memaparkannya dalam bahasa Inggris.

Salah satu proyek yang menarik adalah produk makanan berkalsium tinggi, es krim cabe, inovasi murid kelas VII.

Cabe di sini bukan berarti berbahan dasar cabai, melainkan akronim dari catfish bone atau tulang ikan lele. Selama ini tulang ikan lele ini terbuang percuma padahal mengandung kalsium tinggi.

Orangtua yang hadir yang mendapat tester es krim cabe dan mereka merespons positif dengan produk yang dibuat dengan dua varian rasa, cokelat dan green tea.

Ada juga kelompok yang membuat inovasi permain kartu domino klasik menjadi kartu domino beraksara Jawa.

Inovasi tersebut muncul karena keprihatinan siswa melihat teman sebaya mereka yang suka bermain gadget. Selain tujuan utamanya agar belajar aksara Jawa menjadi menyenangkan. Bulatan bulatan pada kartu domino dikonversi menjadi aksara Jawa yang secara tak langsung memaksa pemain untuk hafal aksara Jawa agar dapat keluar sebagai pemenang dalam permainan.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help