Grahadi

Advertorial

Pakde Karwo Raih Penghargaan Tokoh Utama Penggerak Koperasi

Penghargaan tersebut diberikan karena kebijakan Pakde Karwo dinilai sangat berpihak pada pengembangan koperasi dan usaha mikro kecil menengah(UMKM).

Pakde Karwo Raih Penghargaan Tokoh Utama Penggerak Koperasi
foto: Humas Pemprov Jatim
PRESTASI - Pakde Karwo menerima penghargaan nasional sebagai Tokoh Utama Penggerak Koperasi. Mewakili Pakde Karwo, Sekdaprov Jatim Dr Akhmad Sukardi MM menerima penghargaan itu yang diserahkan Ketua Dekopin Nurdin Halid pada Puncak Peringatan Hari Koperasi Tingkat Nasional 2017, di Lapangan Karebosi, Kota Makassar, Rabu (12/7/2017). 

SURYA.co.id | MAKASSAR - Gubernur Jatim Dr H Soekarwo kembali mengukir prestasi di tingkat nasional. Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur, memperoleh penghargaan sebagai Tokoh Utama Penggerak Koperasi pada acara Puncak Peringatan Ke-70 Hari Koperasi Tingkat Nasional Tahun 2017, Rabu (12/7/2017), di Lapangan Karebosi, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Penghargaan dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) tersebut diserahkan oleh Ketua Dekopin Nurdin Halid kepada Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim Dr Akhmad Sukardi MM yang mewakili Pakde Karwo, disaksikan Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

Penghargaan tersebut diberikan karena kebijakan Pakde Karwo yang dinilai sangat berpihak pada pengembangan koperasi dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Di antaranya banyak memberi kemudahan bagi UMKM dalam mengakses perbankan. Salah satunya, memberikan kredit perbankan bagi UMKM dengan skema bunga murah dan linkage program. Tujuannya adalah mengurangi hadirnya rentenir di lingkup UMKM.

Selain itu, Gubernur Jatim juga gencar memberikan pelatihan bagi para pelaku UMKM di Jatim, sehingga mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Wujud Kepedulian
Pada acara yang dihadiri sekitar 10.000 tokoh pelopor, penggerak koperasi, pelaku UMKM, serta instansi pemerintah di bidang koperasi se-Indonesia itu, Ketua Dekopin Nurdin Halid mengatakan, penghargaan sebagai tokoh utama penggerak koperasi yang diberikan kepada Gubernur Jatim dan Gubernur Jabar ini merupakan wujud kepeduliaan pemerintah dalam membangun ekonomi masyarakat.

Dikatakan, apa yang dilakukan oleh dua kepala daerah tersebut sungguh sangat bagus. Mereka mengajak masyarakat berbicara dan berdialog untuk menyejahterakan masyarakat.

Gubernur Jatim dan Gubernur Jabar sadar bahwa koperasi dan masyarakat menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan. Karena kedua hal itu menjadi ujung tombak perekonomian bangsa, ujar Nurdin Halid. (rud/fae)

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help