Surya/

Female

Architectural Digest, Busana Terinspirasi Bangunan Bertingkat

Ini yang dilakukan Alvera Fashion and Creative, dengan memunculkan busana unik dan kreatif bertema Architectural Digest.

Architectural Digest, Busana Terinspirasi Bangunan Bertingkat
surya/sudarma adi
Fashion terinspirasi gedung bertingkat.

SURYA.co.id | SURABAYA - Gedung-gedung tinggi dari beton menjadi ciri khas arsitektur perkotaan metropolitan. Bentuk gedung-gedung perkotaan tak hanya diwujudkan dalam infrastruktur saja, namun juga melalui fashion. Ini yang dilakukan Alvera Fashion and Creative, dengan memunculkan busana unik dan kreatif bertema Architectural Digest.

Desainer Alvera Fashion and Creative School, Idayati menjelaskan, semua perwujudan fisik yang dominan di perkotaan, mampu dijadikan ide dalam fashion. Maka dari itu, Alvera kemudian mencoba menginspirasi gaya fashion melalui bangunan dan detilnya. “Apalagi, sebagian masyarakat mulai banyak yang hidup di perkotaan, dimana ciri khasnya adalah gedung-gedung tinggi dari beton. Ini memang juga menjadi tren fashion hingga tahun depan, dimana ciri-ciri seni instalasi bangunan dimasukkan dalam fashion,” paparnya.

Mengusung fashion bertema bangunan ini, busana yang dibuat dominan menggunakan warna gelap seperti hitam. Warna itu dipadukan dengan warna silver. Warna-warna itu menyimbolkan unsur pasir dan tanah serta semen, yang jadi bahan utama bangunan. Warna-warna itu ada pada kain denim dan oscar yang digunakan untuk membuat busana ala arsitektur bangunan ini. “Bahan kain ini dipilih karena selain nyaman, juga tak panas ketika dipakai. Bahan kain ini juga tak mudah kotor,” tuturnya.

Adapun potongan busana bertema ini berbentuk segitiga dan garis melintang tak beraturan. Potongan kain berbentuk segitiga ini terkesan kaku dan tegas seperti bangunan atau potongan jendela. Sedangkan potongan garis melintang itu perwujudan dari kerangka atap bangunan. Ada juga busana yang diberi tambahan kain oscar dengan tampilan hologram, sehingga memunculkan warna-warna pelangi. Tambahan kain ini adalah perwujudan bentuk kaca gedung yang berkilauan terkena sinar matahari atau lampu. “Bentuk busana juga menyesuaikan dengan tubuh atau bentuk e line. Bentuk ini mengesankan tegas dan kokoh seperti bangunan,” urainya.

Karena mengangkat tema arsitektur bangunan, maka kesan busana yang cocok dipakai pada cuaca panas harus ditonjolkan. Makanya, semua busana memakai lengan pendek. Selain itu, dengan bentuk busana seperti ini, maka lebih cocok dipakai untuk remaja hingga dewasa muda. “Ini juga bisa dipakai untuk kerja atau nongkrong,” pungkasnya.

Penulis: Sudharma Adi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help