Surya/

Travel

Sampah Berserakan di Lautan Pasir, Ini yang Dilakukan Bromo Lovers

Sampah yang ada di tempat ini merupakan sampah milik wisatawan yang datang dan menyaksikan perayaan Kasada.

Sampah Berserakan di Lautan Pasir, Ini yang Dilakukan Bromo Lovers
surya/galih lintartika
Komunitas Bromo Lovers bergotong-royong membersihkan sampah di dekat Pura Agung, tangga menuju kawah Bromo dan lautan pasir, Selasa (11/7/2017). 

SURYA.co.id | PROBOLINGGO - Sekitar 150 orang yang tergabung dalam anggota Komunitas Bromo Lovers bergotong-royong membersihkan sampah di dekat Pura Agung, tangga menuju kawah Bromo dan lautan pasir, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Selasa (11/7/2017) siang.

Sampah berserakan ini didominasi sampah plastik, yang tertinggal paska pelaksanaan perayaan ritual adat Hari Raya Yadnya Kasada oleh suku tengger di kawah Bromo, Senin (10/7/2017).

Dalam acara solidaritas ini, para relawan memungut sampah dalam jumlah yang besar.

Sebanyak150 tas kresek warna merah dalam ukuran besar terisi penuh. Tidak hanya itu, 50 karung beras pun juga demikian.

Untuk mengangkut sampah-sampah itu, dibutuhkan tiga kendaraan pikap dan satu trek engkel.

Hingga berita ini diturunkan, pemungutan sampah itu masih berlangsung di lautan pasir TNBTS.

Kepada SURYA.co.id, Ketua Bromo Lovers Teguh Wibowo mengatakan, acara solidaritas ini diselenggarakan atas dasar kepedulian terhadap kebersihan lingkungan TNBTS, khususnya wilayah Bromo.

"Memang sudah menjadi agenda rutin, paska Kasada, kami melakukan acara bersih-bersih lautan pasir. Kami tidak sendiri, karena kami sudah bekerjasama dengan TNBTS, pemerintah setempat, dan masyarakat Tengger khususnya," katanya.

Menurut dia, sampah yang ada di tempat ini merupakan sampah milik wisatawan yang datang dan menyaksikan perayaan Kasada.

Ia menilai, perilaku membuang sampah sembarangan ini sebenarnya kurang apik, karena wisatawan tidak menghargai dan menyanyangi Bromo.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help