Surya/

Pemkot Surabaya Siapkan Tindakan Tegas untuk Warga yang Kedapatan Buang Sampah di Sungai

Pemkot Surabaya menyiapkan tindakan tegas untuk warga yang kedapatan membuang sampah di sungai. Seperti ini bentuknya...

Pemkot Surabaya Siapkan Tindakan Tegas untuk Warga yang Kedapatan Buang Sampah di Sungai
tribunnews.com
ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya memberi perhatian serius terkait masih rendahnya kesadaran warga Surabaya dalam menjaga kebersihan sungai. Pemkot menilai, masih banyak warga yang membuang sampah di sungai. 

Menindaklanjuti hal itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup, Musdik Ali Suhudi menyatakan Pemkot siap melakukan tindakan secara kolaboratif dengan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau.

“Kami akan menempatkan petugas untuk berjaga di bantaran sungai dan standby di beberapa titik yang diperkirakan menjadi tempat membuang sampah warga. Kita akan operasi tangkap tangan (OTT) mereka,” ucap Musdik pada Surya, Senin (10/7/2017).

Ia menyebutkan, OTT warga yang membuang sampah di sungai itu akan dilanjutkan dengan proses yustisi atau mengecek kelengkapan identitas kepdndudukan.

Selanjutnya akan dilakukan penindakan tindak pidana ringan. Ini sebagaimana adanya Peraturan Daerah No 2 Tahun 2014 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum.

Jika ada warga yang melakukan pembuangan sampah di sungai dan di bukan pada tempatnya maka termasuk melanggar ketertiban umum.

“Pembuang sampah akan ditangkap dan dikenai sanksi sesuai perda yang berlaku. Ini dilakukan untuk memberikan efek jera pada warga. Agar kualitas air sungai kita tidak semakin memburuk,” ucap Musdik.

Tidak hanya itu Musdik menyebut Pemkot juga akan melakukan sosialisasi tentang kebersihan kota, fungsi sungai, pengelolaan sampah dan bahanya membuang sampah tidak pada tempatnya.

Sosialisasi ini akan melibatkan lintas SKPD. Seperti Dinas PU Bina Marga dan Pematusan, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau, Dinas Ksehatan dan Kelurahan kecamatan.

“Kami juga akan menginventarisir sarana dan prasarana pembuangan sampah, terutama di bantaran sungai,” ucapnya.

Selain itu yang juga penting untuk menjaga sungai agar tidak selalu dijadikan tempat pembuangana dalah meneruskan program waterfront city yang menjadikan sungai sebagai latar depan bangunan.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help