Surya/

Travel

VIDEO - Mengikuti Ritual Pengambilan Air Suci di Upacara Yadnya Kasada Gunung Bromo

Upacara Yadnya Kasada di Masyarakat Tengger Semeru menghadirkan banyak ritual yang menarik. Salah satunya adalah pengambilan air suci. Lihat videonya.

SURYA.co.id | PROBOLINGGO - Seperti biasa, sebelum upacara Yadnya Kasada, masyarakat Tengger melakukan berbagai persiapan acara.

Salah satu yang cukup menarik adalah proses pengambilan air suci. Di prosesi ini, masyarakat Tengger beramai-ramai menuju Goa Widodaren sejak pagi, untuk mengambir air suci yang berasal dari mata air pegunungan. 

Sesudah mengambil air, masyarakat tengger menuju para sesepuh (pemuka agama atau dukun) yang sudah duduk dengan atribut-atribut ritual di dalam goa. Mereka minta didoakan agar keluarganya selamat serta usaha dan rizkinya lancar.

Ponito, sesepuh tengger asal Desa Juwet, Tumpang, Kabupaten Malang menjelaskan, biasanya masyarakat yang datang membawa nasi dan palawija seperti kentang, bawang merah, bawang putih, dan masih banyak lagi sebagai simbol permintaan doa.

"Palawija itu menandakan permintaan agar pertaniannya diberikan kesuburan. Sementara nasi itu simbol supaya pengucapannya atau permintaan doanya dikabulkan," jelasnya.

Sesepuh desa juga akan memberikan doa kepada air suci. Sekaligus memberikan pengertian fungsi dan manfaatnya.

"Air ini bisa disiramkan ke tanah sawah atau perkebunan bagi petani. Atau juga bisa untuk menyebuhkan orang yang lama sakit. Air suci ini hanya bisa diambil pada Jumat Legi dan pada hari jelang Kasada. Selain hari itu air suci kurang manjur dipakai," tambahnya.

Karena kepercayaan ini masyarakat Tengger tetap berdatangan. Meski jarak tempuh ke Goa Widodaren cukup jauh dan berdebu, lantaran musim kemarau. 

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help