Tak Bisa Atur Waktu Bikin Bisnis Jadi Tersendat

Berbisnis membutuhkan totalitas dan kemampuan mengatur waktu. Kalau tidak bisa, maka konsekuensinya bisnis jadi tak lancar...

Tak Bisa Atur Waktu Bikin Bisnis Jadi Tersendat
ist
Deda Nur Mitha 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Berbisnis apapun membutuhkan totalitas. Salah satunya, total dalam mengatur waktu. Kalau tidak, sudah pasti bikin bisnis jadi gagal atau paling ringan, bisnis jadi tak lancar. 

Seperti dirasakan Deda Nur Mitha. Bagi perempuan kelahiran Kediri ini, bisnisnya di bidang fashion hanya dilakoni demi menambah uang saku kuliah. Maka tak heran, bisnis online celana dan baju fashion yang ditekuninya selama setahun harus terhenti, karena kurang fokusnya dalam berbisnis.

Perempuan yang lahir 5 Mei 1997 ini bertutur, dia sebenarnya suka berbisnis kecil-kecilan. Ketika masih duduk di bangku SMP, dia pernah berjualan fish eye (lensa cembung untuk kamera ponsel). Beberapa teman sekolahnya tertarik membeli dan dia pun mendapat tambahan uang saku. Tapi itu tak ditekuninya, sehingga hanya berjalan setahun saja.

“Kemudian saat awal kuliah di Universitas Surabaya (Ubaya) pada 2015, saya mencoba bisnis secara online, yakni berjualan baju dan celana,” kata pehobi fofografi ini.

Baca: Belajar dari Kegagalan Bisnis Pertama Ala Calista Salim

Mitha lalu memilih menjadi reseler produk baju dan celana fashion. Dengan harga antara Rp 120-150 ribu per item, dia lalu menjualnya lewat online miliknya yang diberi nama denumi. Dia juga intens menjual produk baju dan celananya lewat media sosial seperti instagram.

Teman-teman kuliahnya juga mulai banyak yang membeli produknya itu. Dia pun mendapat untung antara Rp 10-30 ribu dari tiap item yang dijual. “Ya lumayan untuk menambah uang saku,” ujar gadis yang kuliah di Fakultas Hukum semester 5 ini.

Namun, kegiatan kuliah dan tugas di kampus membuat bisnis online yang dirintisnya ini tersendat. Ini yang membuat bisnis ini hanya berjalan tak sampai setahun. Akhirnya, bisnis ini berhenti total pada tahun lalu.

“Kalau berbisnis memang harus tekun dan bisa mengatur waktu. Ini yang belum bisa saya lakukan,” urainya.

Dia pun berjanji akan melanjutkan bisnis onlinenya, setelah aktivitas kuliahnya mulai berkurang. Dia juga sedang mencari ide bisnis yang cocok untuk dikembangkan. Selain fashion, dia sedang merancang ide membuka bisnis makanan sehat.

“Saya bisa belajar dari bisnis ini, bahwa saya harus bisa fokus dalam mengembangkan bisnis. Modal berbisnis juga penting agar bisnis tetap eksis,” pungkasnya.

Baca: Gagal Jualan Baju, Moncer di Bisnis Jilbab

Penulis: Sudharma Adi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved