Surya/

Citizen Reporter

Serunya Lebaran Ketupat di Desa Ketupat

lebaran ketupat kali ini warga Desa Sumber, Sanankulon, Blitar menggelar pesta ketupat demi menjadikan desa mereka sebagai desa ketupat...

Serunya Lebaran Ketupat di Desa Ketupat
endang resmiati/citizen reporter
Persiapan pesta ketupat di desa ketupat 

Reportase Endang Resmiati SPd
Mahasiswa PPG SM-3T Universitas Negeri Malang

 

LEBARAN terasa tak bakal usai, utamanya di kawasan pedesaan. Tujuh hari usai Lebaran, biasanya warga di pedesaan merayakan Lebaran ketupat. Biasanya, lebaran ketupat ini jauh lebih meriah dibandingkan lebaran besar Idul Fitri.

Nah, lihat saja kemeriahan warga menyiapkan dan menyambut lebaran ketupat. Setiap rumah sibuk dengan merangkai ketupat janur untuk ketupat dan memasak opor, sayur tahu dan kacang tunggak yang tak boleh ditinggalkan.

Namun lebaran ketupat di Desa Sumber, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar tahun ini terasa bedanya. Utamanya remaja masjid (remas) Desa Sumber berencana membangun Desa Ketupat  di salah satu sisi jalan Desa Sumber.

Minggu, 2 Juli 2017, sembari merayakan lebaran ketupat yang telah menjadi adat Desa Sumber, setiap warga desa diminta hadir dengan membawa serta lima buah ketupat plus lauk sayur tewel dan lentho, atau nangka muda dan kacang tunggak.

Dikomandoi Edy Isdarmanto, usai warga menempatkan semua ketupat beserta lauk di meja panjang, acara pun dimulai dengan doa bersama sesuai adat yang berlaku. Semua orang yang lewat dipersilakan mampir dan menikmati ketupat sepuas-puasnya.

Tanpa direncanakan ternyata Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM yang tengah funbike ikut mampir dan menikmati ketupat sayur di desa ketupat.

Acara yang dimulai pukul 06.00 WIB dan berakhir pada tengah hari setelah semua ketupat sayur benar-benar tandas dinikmati warga Desa Sumber dan mereka yang melintas di sekitar jalan di Desa Sumber.

Harapan panitia, pesta ketupat ini bisa memelihara nilai kerukunan dan kebersamaan warga Desa Sumber, selalu tercipta hubungan harmonis antar warga.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help