Surya/

Pengembang Aplikasi Luncurkan 'Mbakmu', Aplikasi Untuk Panggil Jasa Bersihkan Rumah

Layanan online telah merambah ke berbagai hal, termasuk untuk layanan pengurus rumah tangga. Aplikasi Mbakmu ini contohnya...

Pengembang Aplikasi Luncurkan 'Mbakmu', Aplikasi Untuk Panggil Jasa Bersihkan Rumah
surabaya.tribunnews.com/Sugiharto
Aplikasi Mbakmu 

SURYA.co.id | SURABAYA - Trend online mulai merambah ke layanan pengurus rumah tangga. Salah satunya adalah dengan diluncurkannya aplikasi "Mbakmu", Minggu (9/7/2017).

Menurut Johan Iskandar, pendiri "Mbakmu", aplikasi ini muncul untuk menjawab situasi saat ini di mana orang semakin sibuk untuk sekadar membersihkan rumah. 

"Saat ini, untuk sebagian orang, membersihkan rumah bukan pekerjaan yang mudah. Di sela-sela banyaknya kesibukan, yang akhirnya membuat orang tidak ada walau untuk membersihkan rumah. Dan inilah salah satu hal yang mendasari dibuatnya aplikasi mobile mbakmu," jelas Johan, Minggu (9/7/2017).

"Apalagi jumlah pengguna smartphone semakin meningkat, sehingga tuntutan kebutuhan aplikasi mobile juga tinggi," sambungnya. 

Sebenarnya, aplikasi ini sudah didirikan sejak November 2016, oleh Johan sebagai Founder, Cristian Adit-ya sebagai Co-founder, dan Senior Programmer, Nur Sholeh.

"Tapi untuk hari ini, baru kami launching karena sudah ada kerjasama dengan vendor penyedia sumber daya manusia pembersih atau cleaner, yang menjadi pelaksana mbakmu," lanjut Johan.

Ada tiga vendor yang melakukan penandatangan kerjasama dengan Johan. Dengan langkah ini, sebagai tahap awal, Johan mentargetkan pengguna layanan aplikasi ini masih untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik.

"Kami siapkan untuk tiga bulan selanjutnya bisa dikembangkan di kota besar lainnya. Sebagai tahap pertama, saya pilih Surabaya dulu," lanjutnya.

Johan membidik para penghuni apartemen dan kawasan rumah hunian menengah ke atas, yang memang memiliki keperluan jasa bersih-bersih secara lepas.

Cara menggunakan aplikasi ini, pertama download aplikasi di GooglePlay kemudian daftar keanggotaan dengan mengisi biodata diri lengkap. Jika sudah terdaftar maka aplikasi Mbakmu langsung bisa digunakan untuk memesan jasa kebersihan.

"Tersedia dalam waktu 24 jam setiap hari, dan ada dua tipe layanan yang dapat dipilih oleh customer, yaitu layanan Reguler dan layanan Economy. Pada layanan Reguler, cleaner datang ke nanah customer dengan membawa alat dan obat. Sedangkan layanan Economy, alat dan obat disediakan oleh pihak customer. Tarif layanan Economy lebih murah dari layanan Reguler," jelas Johan.

Jasa kebersihan yang disediakan oleh Mbakmu ada dua, yaitu Pembersihan Standar (General Cleaning) dan Pembersihan Khusus (Specialize Cleaning). Untuk sementara ini layanan pembersihan General Cleaning saja yang dapat digunakan, meliputi pembersihan Kamar Tidur dan kamar Mandi.

Sementara Specialize Cleaning memiliki cakupan yang lebih luas, yaitu karpet, Sofa, Gorden, serta Matras Tempat Tidur (Kasur). Untuk ke depannya akan ditambahkan juga jasa laundry. Area yang dapat dijangkau oleh Mbakmu saat ini di kota Surabaya.

Merlin, salah satu vendor penyedia petugas kebersihan, mengaku pihaknya memiliki SDM yang cukup banyak, mahir, dan tercatat dengan baik, dalam hal perilaku, dan kinerja, serta latar belakang yang jelas.

"Kami sangat mendukung sistim ini, sehingga SDM kami dengan mudah tersalurkan," jelas Merlin.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help