Surya/

Citizen Reporter

e-BBQ Cara Baru Sistem Informasi Bimbingan Baca Al Quran cara UM

5 mahasiswa Universitas Negeri Malang ini mengkreasi bimbingan baca Al Quran eletronik untuk memudahkan mereka membaca Quran dengan cara benar...

e-BBQ Cara Baru Sistem Informasi Bimbingan Baca Al Quran cara UM
pixabay
ilustrasi 

Reportase Luthfi Jauharotun Nisa
Mahasiswa Universitas Negeri Malang

WAJIB hukumnya membaca Al Quran dengan baik dan benar bagi umat muslim. Berbagai kegiatan untuk membumikan Al Quran selalu dijaga oleh Universitas Negeri Malang melalui UKM Al Quran Study Club dan kegiatan Bimbingan Baca Al Quran (BBQ). Rutinitas kegiatan BBQ diadakan intensif setiap tahun untuk mewujudkan mahasiswa yang ahli membaca Al Quran secara tartil.

BBQ ini dilakukan satu kali dalam satu minggu setiap sabtu dengan sasaran kurang lebih 6.302 mahasiswa UM pada 2016 lalu yang ditangani oleh orang-orang terlatih dalam mengajar Al-Quran.

Sayangnya masih ada kendala yang dihadapi tim BBQ selain pengembangan kurikulum, metode, dan model pembelajaran Al-Quran, salah satunya adalah administrasi BBQ. Di antaranya, rekap kehadiran, nilai, dan verifkasi nama mahasiswa peserta BBQ.

Untuk meningkatkan kinerja tim BBQ, diperlukan system informasi digital yang mampu meringkas semua administrasi untuk meningkatkan efektifitas administrasi BBQ, yakni electronic information system BBQ atau e-BBQ.

Aplikasi e-BBQ ini digagas dan diimplementasikan oleh Roni Aldhea Dwi Cahya, Muchamad Mirza, Maltufullah Muasyir, Muhammad  Bismar Fahmi, dan Faqih Fadillah.

Metode pengembangan aplikasi yang digunakan menggunakan metode waterfall versi sommerville. Aplikasi e-BBQ ini mengintegrasikan beberapa aplikasi seperti aplikasi mobile, web, dan penampungan data (database). Aplikasi e-BBQ versi android ini dapat diunduh di google play store.

Alur aplikasi e-BBQ dimulai dengan tim penguji melakukan login  terlebih dahulu, kemudian akan terpampang menu aplikasi e-BBQ yang terdiri dari Pre Test, Mentoring, Post Test, About, dan Log Out.

Peserta BBQ juga harus melakukan login dengan menggunakan barcode KTM yang dimiliki. Setelah login, akan muncul boring penilaian BBQ yang akan diisi oleh penguji.

Menurut Elmiatun Nafiah, ketua tim BBQ, aplikasi e-BBQ ini sangat membantu kendati harus mengalami revisi. Untuk semester genap ini aplikasi e-BBQ masih belum sempurna karena belum terlihat signifikan antara pengimplementasian e-BBQ dengan kemudahan proses administrasi.

Hal ini karena penggunaan aplikasi e-BBQ hanya dilakukan pada beberapa orang dan dengan waktu uji coba singkat. Untuk mengetahui seberapa manfaat aplikasi e-BBQ dalam proses administrasi diperlukan uji coba pada kurang lebih 6.302 mahasiswa selama satu semester.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help