Surya/

Lifestyle

Konsumsi Makanan Penyeimbang, Usai 'Balas Dendam' Lebaran

Menurut ahli gizi Graha Amerta RSU dr Soetomo, Eko Dwi Martini ada dua item makanan yang perlu dikonsumsi, sebelum menyantap makanan berlemak.

Konsumsi Makanan Penyeimbang, Usai 'Balas Dendam' Lebaran
surya/risma nuraina
Sajian Gado-Gado menjadi makanan penyeimbang setelah kita larut dalam makanan berlemak di hari lebaran. 

 SURYA.co.id | SURABAYA - Momen Lebaran menjadi kesempatan sebagian orang untuk mudik sekaligus bersilaturahmi dengan sanak saudara. Momen ini juga digunakan masyarakat untuk menyajikan berbagai masakan dengan santan dan berlemak.

Tentunya, jenis masakan seperti ini membuat sebagian orang yang sebelumnya berpuasa sebulan, kadar kolesterol dan gula darah meningkat tajam.

Untuk mengurangi kadar kolesterol dan gula darah, tak hanya sekadar mengurangi masakan bersantan, berlemak dan minuman bergula tinggi saja. Ada beberapa langkah atau makanan dan minuman yang jadi penyeimbang jenis masakan berlemak.

Menurut ahli gizi Graha Amerta RSU dr Soetomo, Eko Dwi Martini ada dua item makanan yang perlu dikonsumsi, sebelum menyantap makanan berlemak atau bersantan. Makanan yang utama adalah buah-buahan.

"Buah-buahan yang harus dikonsumsi adalah buah yang mengandung air dan serat tinggi," terangnya, Jumat (7/7/2017).

Adapun buah yang punya kandungan air dan serat tinggi di antaranya adalah pepaya, apel, semangka, melon, jeruk, blewah dan pisang. Sedangkan buah yang tak direkomendasi untuk mengurangi kadar kolesterol dan gula darah adalah durian.

"Agar efektif, maka konsumsi buah-buahan ini dilakukan setengah jam sebelum menyantap masakan bersantan atau berlemak. Ini berguna karena buah itu bisa menyerap kandungan lemak dalam masakan itu," katanya.

Selain buah, masakan lain yang jadi penyeimbang masakan bersantan adalah dengan masakan sayur bening.

Ada beberapa macam sayur bening itu, seperti bayam, sop, sayur asem dan manisa. Ada juga masakan lain seperti gado-gado, pecel dan lalapan yang bebas kolesterol.

"Masakan ini efektif menghilangkan kolesterol dalam tubuh," ujarnya.

Sedangkan untuk minuman, dia meminta agar minum air putih menjadi cara efektif agar tubuh tetap sehat. Jika tetap ingin minum manis, maka kurangi minum sirup dan bisa mengonsumsi jus.

"Yang terbaik tetap air putih," pungkasnya.

Penulis: Sudharma Adi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help