Surya/

Citizen Reporter

Madumongso? Lha Ini Baru Lebaran

rasanya manis bak madu dan hanya tersuguh di musim lebaran saja ... itulah arti nama madumongso, jajanan khas di musim Lebaran ... monggo dicicipi ...

Madumongso? Lha Ini Baru Lebaran
suci aristanti/citizen reporter
madumongso Jombang 

Reportase Suci Aristanti
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

SATU Syawal, umat Islam merayakan hari raya Idul Fitri setelah menjalani puasa di bulan Ramadan. Halal bi halal dengan mengunjungi sanak saudara dan tetangga menjadi tradisi unik ala Indonesia.

Setiap rumah pun menyambut tetamu lengkap dengan suguhan aneka rupa penganan. Seperti tradisi di keluarga Ufid Khoiruroh Spd, warga Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, yang tak pernah absen menyuguhkan madumongso Lebaran.

Jajanan tradisional khas Lebaran yang terbuat dari beras ketan dan campuran gula kelapa yang dikemas dalam bentuk menarik tersuguh di ruang tamu.

Madumongso buatan Ufid Khoiruroh ini dikemas warna-warni dari kertas klobot warna hijau. Bentuknya memang mungil. Cukup satu sendok makan atau istilah orang Jawa sak emplokan atau satu suapan.

Ada dua tahapan mengolah madumongdo, pertama membuat tape ketan sebagai bahan utama dan kedua proses membuat madumongso.

Pertama, tape ketan. Rendam ketan semalam kemudian dicuci bersih dan tiriskan. Rebus air sampai mendidih, lalu tanak sampai matang. Angkat dan tunggu sampai dingin. Campur dengan tepung ragi, aduk hingga rata. Masukkan dalam wadah yang dilapisi daun pisang, tunggu kurang lebih tiga hari.

Kedua, setelah tape matang, kemudian diolah lagi dengan menambah gula dan santan, kemudian dimasak hingga menjadi jenang.

Proses terakhir adalah menyajikan madumongso dengan plastik dan dihiasi seperti bunga warna-warni. Cara lain dapat disajikan langsung dengan menggunakan kertas minyak.

Membuat madumongso sudah menjadi tradisi tahunan bagi Ufid. Ia kerap membagikan madumongso kepada sanak saudara hingga tak jarang mendapat pesanan dari tetangga untuk dibuatkan madumongso.

Berbagi madumongso yang memiliki rasa manis menyimpan hikmah berbagi kebahagiaan. Proses pembuatannya yang rumit akan terbalaskan dengan rasa manis yang dirasakan saat memakannya.

Rasanya manis seperti madu dan mongso atau musim, maka jajanan manis ini hanya tersaji di musim Lebaran saja.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help