Surya/

Citizen Reporter

Jika Pelajar Lumbis Ogong di Nunukan Serukan Tidak pada Rokok

ada di perbatasan Indonesia-Malaysia, remaja di Kecamatan Lumbis Ogong, Nunukan ini menyerukan tidak pada rokok dan narkoba dengan cara kreatif ...

Jika Pelajar Lumbis Ogong di Nunukan Serukan Tidak pada Rokok
ratri mia fitriani/citizen reporter
Remaja Lumbis Ogong peringati hari anti tembakau 

Reportase Ratri Mia Fitriani
Guru program SM3T VI Unesa di SMPN 3 Lumbis Ogong, Nunukan, Kalimantan Utara

BANYAK anak usia belia sudah mulai merokok. Hasil survei Lentera tahun 2015 menunjukkan 45 persen remaja Indonesia usia 13-19 tahun telah merokok.

Hal ini tak hanya terjadi di perkotaan, merokok juga menjadi kebiasaan anak-anak di daerah perbatasan. Salah satunya di Kecamatan Lumbis Ogong, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.

Untuk mengingatkan remaja akan dampak rokok, pada akhir Mei 2017 lalu diadakan lomba mading dan pesan kesehatan terkait rokok untuk siswa SMP.

Lomba diadakan di puskesmas setempat itu dihelat relawan kesehatan Nusantara Sehat untuk memperingati hari anti tembakau 2017.

"Anak-anak di sini sudah banyak yang mulai merokok, bahkan anak-anak SD. Oleh sebab itu,  kami ingin sedikit demi sedikit memberi tahu mereka bahwa merokok itu sangat berbahaya," jelas Lely, ketua pelaksana acara.

Peringatan hari anti tembakau itu direspons siswa SMP di Lumbis Ogong. Hal tersebut terlihat dari bagaimana mereka menyiapkan bahan dan berkreasi dalam menyusun mading dan membuat pesan kesehatan.

"Sangat senang bisa mengikuti lomba in karena saya bisa menuangkan hobi menggambar saya. Meski persiapannya hanya dua hari tapi kami tetap semangat," ungkap Iyas, ketua tim mading SMPN 3 Lumbis Ogong.

Antusiasme serupa juga ditunjukkan peserta lomba dari SMPN 1 Lumbis Ogong, kendati minus kehadiran pelajar SMPN 2 Lumbis Ogong karena letak sekolah berada paling ujung di kecamatan sehingga transportasi dan komunikasi sulit dilakukan.

"Ada tujuh tim peserta karena dari SMPN 2 Lumbis Ogong di Taulumbis tidak dapat hadir. Meski begitu besar harapan kami melalui kegiatan ini anak-anak dapat mulai berhenti merokok," harap Lely.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help