Surya/

Citizen Reporter

3 Langkah Mudah Menulis Cerita Anak

ikuti 3 langkah mudah ini untuk menulis buku cerita anak dan lihatlah apa yang bisa anda lakukan ... luar biasa bukan?

3 Langkah Mudah Menulis Cerita Anak
pixabay
ilustrasi 

Reportase Dinda Ayu Maulida
Mahasiswa Universitas Negeri Malang

 

TOKO buku Gramedia Basuki Rachmat, Kota Malang, Senin (19/6/2017) menghadirkan penulis buku cerita anak, Widya Ross, untuk berbagi cara mudah menulis cerita anak

Perempuan yang akrab disapa Mbak Wid ini menekankan, syarat internal untuk bisa menulis cerita anak adalah, pertama niat. Yakni, alasan mengapa seseorang menulis. Seperti keinginan menulis agar dapat menyebarkan informasi yang bermanfaat kepada khalayak, memperbaiki karakter anak-anak, ingin karyanya dimuat di media, atau sekadar mendapat honor dari tulisan.

Mbak Wid juga menyebutkan selama menulis pasti ada satu titik dimana seseorang kehilangan ide lalu membuatnya enggan untuk melanjutkan tulisan yang sudah dimulai. Namun, harus ingat dan kembali lagi pada niat awal mengapa saya menulis?

Kedua, passion. Harus dipahani apa passion diri. Semisal, ingin menulis cerita anak, tapi kehidupannya tak seceria anak-anak. Hal tersebut tentu memengaruhi kualitas tulisan. Biasanya passion tulisan mencerminkan kehidupan penulisnya.

Mbak Wid menambahkan syarat eksternal untuk bisa menulis cerita anak adalah ide, bahan bakar, alokasi waktu untuk belajar, serta membaca. Poin terakhir merupakan poin terpenting.

Kebuntuan ide atau writer block menurut Mbak Wid wajar dialami setiap penulis, lebih-lebih jika ia penulis pemula. Solusi yang diberikan Mbak Wid adalah cobalah berjalan-jalan, melakukan sesuatu yang disenangi, atau berlama-lama di perpustakaan atau toko buku sekadar untuk membaca genre tulisan buku yang disukai penerbit maupun mencari sumber ide.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help