Berita Malang Raya

VIDEO - Mahasiswa Amerika Rayakan Hari Kemerdekaan di Malang, Lihat Serunya

Tim CLS dan BIPA UM mengadakan acara perayaan hari kemerdekaan Amerika ke-241 di Aula AVA Fakultas Sastra UM, Selasa (4/7/2017).

Reportase: Neneng Uswatun Hasanah

SURYA.co.id | MALANG - Hari kemerdekaan Amerika yang jatuh pada 4 Juli, biasanya dirayakan warga Amerika dengan meriah dan kembang api.

Namun, 28 mahasiswa Amerika program Critical Language Scholarship Universitas Negeri Malang (UM) tidak bisa mengikuti kemeriahan tersebut di negara mereka. Bertepatan dengan 4 Juli 2017 ini, mereka masih harus menempuh pembelajaran bahasa dan budaya Indonesia di kampus UM.

Oleh karena itu, tim CLS dan BIPA UM mengadakan acara perayaan hari kemerdekaan Amerika ke-241 di Aula AVA Fakultas Sastra UM, Selasa (4/7/2017).

Salah satu mahasiswa Amerika program CLS, Josh mewakili teman-temannya untuk menceritakan sejarah kemerdekaan Amerika dari Inggris.

"Sebelum menjadi negara serikat, Amerika terbagi menjadi 13 negara bagian yang kemudian memerdekakan diri dari Inggris dengan deklarasi kemerdekaan pada kongres continental," ceritanya.

Perbedaan kebudayaan antara Amerika dan Indonesia, lanjutnya, seharusnya bisa menjadi pemersatu di berbagai bidang agar masyarakat bisa hidup bersama dalam damai.

Acara dimeriahkan oleh menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat oleh para tutor dari UM, dan lagu Indonesia Raya oleh para mahasiswa Amerika program CLS.

Selain itu, dua mahasiswa Amerika, Leo dan Tiara menyanyikan lagu Country Road yang menceritakan tentang kerinduan pada rumah. "Kami senang dengan perayaan ini karena mengobati kerinduan kami pada Amerika," kata Tiara.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help