Surya/

Lifestyle

Kembali ke Alam, Desainer Indayati Munculkan Island Tales

“Busana ini bercerita tentang pulau dan kami fokuskan pada kondisi pantai dan laut.”

Kembali ke Alam, Desainer Indayati Munculkan Island Tales
surya/sudarma adi
Rancangan busana bertemakan kembali ke alam. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Rancang busana bisa terinspirasi dari cerita atau kisah keindahan alam. Ini yang kemudian mendasari Alvera Fashion and Creative untuk membuat busana tentang pulau dan keindahan pantai, dengan tema Island Tales.

Desainer Alvera Fashion and Creative School, Idayati menguraikan, sepanjang 2017 ini tren busana lebih menitikberatkan kembali ke alam. Kondisi saat ini yang masuk musim semi atau kemarau, membuat busana yang diciptakan tetap terinspirasi dari kondisi alam dengan cuaca panas, seperti pantai.

“Busana ini bercerita tentang pulau dan kami fokuskan pada kondisi pantai dan laut. Selain itu, kami juga fokus pada pantai karena kondisi Indonesia yang adalah negara tropis dan panas,” paparnya, Senin (3/7/2017).

Dengan inspirasi pada pantai, maka busana yang dibuat lebih banyak mencerminkan warna-warna sekitar pantai dan laut, yakni biru tua dan muda.

Penggambaran kondisi pantai dan laut yang tenang dan damai berpengaruh pada jenis kain yang digunakan, yakni denim. Kain ini biasanya digunakan membuat busana kasual dan dimanfaatkan untuk kegiatan santai.

“Busananya kasual karena sebagian pakai jeans dan denim,” ujarnya.

Penggunaan busana tak hanya melulu warna biru. Busana yang mengangkat keindahan pantai dan laut ini juga menggabungkan warna yang cerah dan berkilau (shining). Untuk mendapatkan warna yang cerah itu, kain denim dan jeans itu ditambah dengan kain organza (kain kaca) yang bisa memberi efek berkilau, baik pada bagian atasan dan bawahan.

“Penggunaan kain organza membuat kain lebih tebal dan tak mudah sobek,” tambahnya.

Adapun potongan kain di semua busana Island Tales ini harus menggambarkan gelombang atau gelembung air.
Makanya, bentuk busananya lebih mengembang atau berbentuk O. Bentuk busana mengembang ini bisa diaplikasikan pada bagian lengan atau punggung. Begitu juga pada bagian rok, selain potongan lebih pendek, detilnya juga berbentuk balon atau gelembung.

“Ada beberapa motif yang dibuat dari hand painting. Hand painting ini dicelup warna biru dan dibuat seperti rumput laut,” katanya.

Busana Island Tales ini lebih santai namun tetap stylish. Makanya, busana ini lebih cocok dipakai untuk hang out, bepergian ke pesta ultah teman, liburan kenaikan kelas hingga berlibur ke pantai.

“Ini lebih cocok dipakai untuk remaja hingga dewasa muda,” pungkasnya. 

Penulis: Sudharma Adi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help