Surya/

Helikopter Basarnas Jatuh

Kru Helikopter Jatuh Mendapat Kenaikan Pangkat

Jenazah Letda Budi tiba di rumah duka sekitar pukul 12.30 WIB. Prosesi penyerahan jenazah hingga pemakaman dilakukan secara militer.

Kru Helikopter Jatuh Mendapat Kenaikan Pangkat
surya/irwan syairwan
Suasana pemakaman Letda Budi Santoso. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Para kru helikopter Basarnas yang tewas setelah pesawat tersebut jatuh di Kawah Dieng, Temanggung, Jateng, mendapat kenaikan pangkat. Termasuk juga anggota Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspernebal) Juanda, Budi Santoso (46).

Komandan Puspernebal, Laksamana Pertama Manahan Simorangkir, mengatakan Budi Santoso mendapat kenaikan pangkat dari Pembantu Letnan Satu (Peltu) menjadi Letnan Dua (Letda) Anumerta.

"Kenaikan pangkat ini sebagai penghargaan kesatuan terhadap jasa mendiang yang tewas dalam melaksanakan tugas," kata Simorangkir saat menyerahkan jenazah Budi Santoso kepada keluarga di Perum TNI AL TWP Blok M1/02, Candi, Sidoarjo, Senin (3/7/2017).

Simorangkir menuturkan personil Puspernebal merupakan prajurit terpilih yang menjalani pelatihan ketat.

Pihaknya akan mengirimkan tim investigasi untuk melakukan kajian penyebab jatuhnya helikopter tersebut. Tim investigasi ini akan bergabung dengan tim investigasi Basarnas.

Dijelaskan, komando evakuasi dan penanggulangan bencana Kawah Dieng yang tiba-tiba menyemburkan material panas tersebut dipegang pihak Basarnas.

"Kami diperbantukan untuk menyiapkan personil," sambungnya.

Tadinya, jenazah Letda Budi akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa. Namun, lanjut Simorangkir, pihak keluarga meminta dimakamkan di tempat kelahiran mendiang, yaitu di pemakaman umum Desa Bligo, Candi.

"Kami menghormati keinginan pihak keluarga. Beliau dimakamkan di samping pusara ibundanya, Aminah," sambungnya.

Jenazah Letda Budi tiba di rumah duka sekitar pukul 12.30 WIB. Prosesi penyerahan jenazah hingga pemakaman dilakukan secara militer.

Halaman
12
Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help