Surya/

Liputan Mudik 2017

VIDEO - Masih Banyak Calon Pemudik Kecele Jam Buka-Tutup Tol Fungsional

banyak pemudik pengguna jalan tol fungsional kecele. Mereka umumnya tak tahu bahwa jam buka tol operasional hanya pukul 06.00 WIB sampai 17.00 WIB.

SURYA.co.id | SURABAYA - Masih banyak pemudik yang menggunakan akses jalan tol fungsional kecele. Mereka umumnya tak tahu bahwa jam buka tol operasional hanya pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Padahal, informasi soal jam buka-tutup ini sudah dipasang di reklame sebelum gerbang tol Sumo.

Menurut Kiman, Manager Operasi PT Jasamarga Surabaya Mojokerto, sejak tol Surabaya-Mojokerto buka fungsional, banyak pemudik yang mengira tol buka 24 jam.

Mereka tetap menerobos masuk jalur hingga di pintu gerbang pembayaran. Di sana, bersiaga petugas yang kemudian memberi tahu bahwa jalan tol fungsional sudah ditutup.

"Itu untuk menjamin keselamatan," katanya, ketika ditemui di rest area tol Sumo, Kamis (22/6/2017).

Ia mengakui, kondisi arus mudik Lebaran 2017 belum terlalu ramai hingga H-3. Menurutnya, para pemudik di Jawa Timur punya karakteristik yang berbeda dengan pemudik dari Jakarta atau Jawa Barat.

Di Jatim, atau dari Kota Surabaya, puncak kepadatan yakni hari H-1 dan hari H Lebaran. Ia menduga masih banyak orang yang berlebaran di Surabaya dan Salat Ied di Surabaya.

Meski begitu, jumlah kendaraan yang melintas di tol tetap bertambah dibanding tiga hari sebelumnya. Sekitar 500 mobil melintasi tol alternatif itu pada Senin (19/6/2017), sekitar 800 (Selasa, 20/6/2017), dan 1.059 (Rabu, 21/6/2017).

Sementara pada H-3, jumlah kendaraan yang lewat hingga menjelang sore, yakni lebih dari 1.200 unit.

Soal papan penunjuk arah yang kurang informatif, Kiman menyatakan, pihaknya sudah menyediakan papan petunjuk di Bundaran Waru. Kemungkinan, kata dia, para pemudik mengendarai kencang mobilnya dan tak siaga pada papan petunjuk arah.

"Di jalur alternatif ini kami mengimbau agar laju kendaraan 40 kilometer per jam saja," ujarnya.

Informasi yang perlu diketahui pemudik, akses tol fungsional Sumo hanya memiliki tiga titik keluar, yaitu di Penompo, Mojokerto; Mojokerto Barat; dan Bandar, Jombang.

Calon penumpang yang ingin keluar di gerbang tol di Legundi tidak bisa lewat tol ini. Sementara bagi yang ingin melanjutkan perjalanan ke Kertosono, bisa melanjutkan lewat jalur tol lain. 

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help