Surya/

Lapor Cak

Tuntaskan Perpanjangan SIM dan Pajak Tahunan STNK Sebelum Lebaran

Menjelang lebaran, warga Surabaya mulai berusaha menuntaskan pengurusan perpanjangan surat-surat dokumen kendaraan.

Tuntaskan Perpanjangan SIM dan Pajak Tahunan STNK Sebelum Lebaran
surya/habibur rohman
Urus SIM keliling 

SURYA.co.id | SURABAYA - Surat Izin Mengemudi (SIM) dan STNK menjadi surat kelengkapan penting bagi pengendara bermotor. Memastikan 2 komponen tersebut masih berlaku sangat penting jika mau berkendara, apalagi saat banyak pengendara bermotor dalam pekan lebaran. Untuk itu para pengendara menjelang lebaran berusaha menuntaskan perpanjangan surat-surat berkendaranya.

Bertahun-tahun yang lalu, memperpanjang masa berlaku SIM menjadi sebuah pekerjaan yang menyita cukup banyak waktu, seseorang harus mendatangi tempat asal membuat SIM nya untuk pertama kalinya.

Padahal bisa saja orang tersebut sudah merantau jauh meninggalkan kampung halamannya dan tinggal di kota yang berbeda. Namun hal seperti itu sudah tidak perlu dilakukan lagi saat ini, sebab layanan perpanjangan SIM bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah dan praktis, yakni dengan menggunakan layanan SIM Keliling dan juga layanan SIM online.

Agus Hariyanto (45), warga Ngagel mengungkapkan memilih memperpanjang SIM miliknya lebih awal sebelum masanya habis pada 27 Juni mendatang. Ia juga memilih SIM Keliling di wilayah terminal Bratang agar lebih dekat dengan tempat tinggalnya.

“Sebenarnya bagi-bagi uang buat kebutuhan lebaran. Tetapi kalau ditunda malah nggak bisa diperpanjang nanti karena masih tutup pelayanannya,”jelasnya ketika ditemui SURYA.co.id, Selasa (20/6/2017).

Berdasarkan pengalamannya, jika terlambat memperpanjang SIM, dirinya harus mengulang ujian SIM dari awal lagi. Untuk memperpanjang melalui SIM keliling ia juga harus melihat jadwal mobil layanan yang tidak setiap hari berada di terminal Bratang.

“Sempat kesini beberapa hari yang lalu, tetapi tidak ada mobilnya. Sempat keliling juga nyari tapi antriannya panjang. Ya baru sempat sekarang,”jelasnya.

Hal serupa diungkapkan Anggi (25) yang akan membayar pajak tahunan STNK miliknya. Sayangnya ia cukup kebingungan pelayanan keliling antara SIM atau STNK. Apalagi dirinya bukan warga Surabaya,sehingga belum hafal jadwal pelayanan SIM dan STNK keliling.

“Saya tahunya pelayanan sudha online, jadi bisa saya urus lewat Surabaya. Tapi jadwalnya tidak ada di online, jadi saya kebingungan cari mobilnya,”ungkap gadis asal Pasuruan ini.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help