Mudik 2017

Belum Kantongi Surat Rekomendasi Laik Jalan, Tol Gempol-Pasuruan Dioperasikan Besok

Tol Gempol-Pasuruan akan dioperasikan mulai Senin (19/6/2017) pagi meski belum mengantongi surat rekomendasi laik jalan. Ternyata ini alasannya...

Belum Kantongi Surat Rekomendasi Laik Jalan, Tol Gempol-Pasuruan Dioperasikan Besok
surabaya.tribunnews.com/M Taufik
Tol Gempol-Pasuruan akan dioperasikan sementara untuk arus mudik, mulai 19 Juni 2017. 

SURYA.co.id | PASURUAN - Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) Seksi 1 A atau yang melintang dari Gempol hingga Bangil akan dioperasikan mulai Senin (19/6/2017) pagi pukul 07.00.

Pengoperasian ini dilakukan sesuai dengan instruksi Pemerintah Pusat agar tol selesai penggarapan konstruksinya, segera dioperasikan demi meminimalisir kemacetan saat arus mudik lebaran 2017.

Direktur Utama PT Transmarga Jawa Timur Pasuruan, Agus Purnomo mengatakan hal itu saat melakukan pengecekan kesiapan jalan tol bersama Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pasuruan, Minggu (18/6/2017) siang.

Kepada Surya, Agus Purnomo mengatakan, mulai hari Senin, Tol Gempol - Bangil sudah bisa dilewati. Rencananya, Tol yang baru saja selesai dibangun konstruksi jalannya pada awal Juni lalu, pada pukul 07.00.

"Status jalan tol Gempas Seksi 1 A, Gempol-Bangil ini dioperasikan tapi sifatnya fungsional," katanya.

Dia menjelaskan, sebelumnya jalan tol ini belum mendapatkan surat rekomendasi laik jalan. Artinya, beberapa waktu lalu, pihaknya baru saja mengirimkan surat untuk uji kelayakan ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Korlantas Polri, PU Bina Marga, dan instansi terkait lainnya.

"Layak jalannya memang belum turun, makanya, jalan ini kami buka H-7 sampai H+7 khusus untuk arus mudik. Setelah arus mudik selesai jalan ini, kami tutup kembali," terangnya.

Dikatakan Agus, paska lebaran nanti, jalan tol ini tidak lagi dibuka untuk umum. Rencananya, jalan akan dibuka untuk umum paska surat rekomendasi layak jalan sudah turun dari pusat.

"Kami menunggu rekomendasinya turun, sama menunggu ketentuan tarif tol. Kalau sudah lengkap, maka jalan akan kami buka untuk umum," paparnya.

Lantas bagaimana dengan fasilitas dan kondisi jalan tol ini ? Agus memastikan bahwa kondisi jalan dan fasilitas di jalan ini sudah memadai. Ia menyebut bahwa sepanjang jalan Gempol - Bangil sudah diaspal beton. Selain itu, soal penerangan pun sudah memadai.

Halaman
123
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help