Surya/

Pesona Ramadan

Buka Puasa dengan Kolak Berbahan 280 Ekor Ayam Jago, Resep Warisan Sunan Dalem di Gresik

Bahan-bahan kolak ayam itu telah dibakukan yaitu rempah-rempah, santan, gula merah, daun bawang, jinten dan daging ayam jago.

Buka Puasa dengan Kolak Berbahan 280 Ekor Ayam Jago, Resep Warisan Sunan Dalem di Gresik
Surya/Moch. Sugiyono
KOLAK AYAM - Kolak ayam menjadi menu berbuka puasa bagi warga Desa Gumeno, Kecamatan Manyar, Gresik, Sabtu (17/6/2017). 

SURYA.co.id | GRESIK - Warga Desa Gumeno di Gresik meneruskan tradisi buka bersama dengan kolak ayam atau sanggring  sebagaimana dilakukan Sunan Dalem, putra Sunan Giri.

Kegiatan tahunan ini dilakukan menjelang malam 23 Ramadan. Warga melaksanakan buka bersama di masjid Jami Sunan Dalem, Desa Gumeno, Kecamatan Manyar.

Kegiatan melestarikan kegiatan Sunan Dalem terus dilakukan dan menjadi tradisi warga desa Gumeno, sebab kolak ayam itu menjadi obat bagi Sunan Dalem ketika sakit.

"Pesan dari Sunan Dalem intinya, supaya setiap malam 23 Ramadan diadakan Sanggringan atau kolak ayam. Kegiatan itu terus dilestarikan oleh warga Desa Gumeno," kata Didik Wahyudi (46), Ketua Panitia Sanggringan, Sabtu (17/6/2017).

Bahan-bahan kolak ayam itu telah dibakukan yaitu rempah-rempah, santan, gula merah, daun bawang, jinten dan daging ayam jago. "Untuk buka bersama ditambah ketan putih sehingga sampai sekarang dikenal dengan kolak ayam," imbuhnya.

Tahun ini 280 ekor ayam jago digunakan untuk membuat kolak ayam. Dari bahan itu digunakan menjadi 2.500 bungkus dan diberikan ke warga yang telah pesan untuk berbuka puasa bersama keluarga di rumah.

"Ini tadi ikut iuran untuk satu porsi kolak ayam. Digunakan untuk buka bersama saudara dan keluarga di rumah," kata Eva Nur Suroidah, saat mengambil kolak ayam

Penulis: Sugiyono
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help