Surya/

Citizen Reporter

Go Read, Ojek Literasi Cara Cepat Jemput Donasi Buku

bingung mau donasi literasi? ah hubungi saja call center atau relawan FKTBM Malang Raya yang bakal tancap gas menjemput donasi Anda ...

Go Read, Ojek Literasi Cara Cepat Jemput Donasi Buku
pixabay
ilustrasi 

Reportase Luqman Abdurrahman Shaleh MPdI
Relawan Perpustakaan Anak Bangsa

 

GEMPA melanda kawasan Malang dan sekitarnya pada KAMIS (25/5/2017). Dan, esok harinya, di Ruang Baca Aqil, Jalan Cempaka 1 Malang, Forum Komunikasi Taman Baca Masyarakat (FKTBM) Malang Raya menggelar gempa literasi sekaligus perayaan pertama setahun berkiprah memajukan pendidikan di Kota Malang melalui gerakan Literasi.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB itu menjadi ajang berkumpulnya para relawan dari berbagai pelosok Malang untuk berinteraksi dan bertukar pengalaman terkait perjuangan memajukan anak bangsa lewat pendirian perpustakaan untuk umum.

Diawali mini sharing dengan tema Mengupayakan Kesejahteraan Pegiat Literasi oleh Wiwiek Joewono dari Sanggar Cendekia dan Kiti Suhartatik atau biasa dispa Bu Puh dari Sanggar Krambil lewat tema Kiat Mengelola Keuangan Pribadi/Rumah Tangga Pegiat Literasi.

“Tahun lalu anggota kita masih seratusan, sekarang sudah hampir duaratusan. Kita ingin menjadikan Malang sebagai kota yang mewadahi daerah lain untuk memajukan pendidikan melalui gerakan literasi ini,” harap Santoso Mahargono, pustakawan dari Kota Malang.

Untuk itulah FKTBM Malang Raya memiliki program go read, yaitu jasa ojek literasi yang membantu masyarakat Malang untuk mendonasikan buku untuk Taman Baca Masyarakat (TBM) yang membutuhkan. Upaya ini dilakukan agar memudahkan TBM dengan donatur. Cukup dengan menghubungi salah satu kontak relawan, go read pun langsung tancap gas menuju lokasi donator buku.

Diskusi santai sore hari itu yang dimoderatori Wily Ariwiguna di ruang belajar Aqil akhirnya memunculkan program-progam unik untuk setahun ke depan, di antaranya Kranjang Gendhis: Pesan untuk Sahabat Literasi, Serat Kinasih: Kisah Relasi Penggiat Literasi, Ladang Pahala: Bursa Dukungan antar Penggiat Literasi, Bunga Rampai Literasi: Kumpulan Puisi dan Surat Penggiat Literasi, dll.

Diakhir acara, FKTBM Malang Raya membagikan doorprize berupa buku, pakaian, tas, makanan dan masih banyak lagi kepada relawan literasi yang aktif di kegiatannya.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help