Surya/

Road to Election

Pesan SBY Jelang Pilkada Jatim

Jelang Pilkada Jatim, SBY menggelar safari ke Kota Malang. Kepada para kader, dia menyampaikan pesan khusus terkait Pilkada.

Pesan SBY Jelang Pilkada Jatim
surabaya.tribunnews.com/Hayu Yudha Prabowo
Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono berpidato di sela-sela Safari Ramadan Partai Demokrat 2017 di Hotel Santika Preimere, Kota Malang, Kamis (15/6/2017). 

SURYA.co.id | MALANG - Ketua Umum Partai Demokrat (PD), Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, berpesan khusus kepada kader dan pengurus PD terkait Pilkada. Pesan terkait Pilkada ini ia sampaikan kepada kader dan pengurus PD yang hadir dalam Safari Ramadan Partai Demokrat 1438 H / 2017 di Hotel Santika, Kota Malang, Kamis (15/6/2017) sore.

"Ke depan ini kita menghadapi Pilkada dan Pemilu 2019, kepada semua kader dan pengurus yang hadir di sini dan yang ada di seluruh Indonesia, saya minta bijak dan cerdas tidak mencampuradukkan identitas dan rasionalitas, apalagi membabibuta mencampuradukkan semuanya. Kalau sampai itu terjadi demokrasi di negara kita tidak cerdas dan tidak sehat," ujar SBY.

Pesan khusus terkait Pilkada ini bermula dari pemetaan persoalan yang disampaikan SBY. Menurutnya ada lima persoalan yang kini ada di Indonesia.

Persoalan nomor lima yang disebutkan SBY dampak ikutan akibat Pilkada yang sampai memecah belah kerukunan antar warga. Contoh jelas yang dipakai SBY adalah Pilkada DKI Jakarta.

"Jangan sampai itu terjadi di kota lain di Pilkada atau Pemilu nanti. Jangan sampai Pilkada menjadi ajang perang politik dan perang antar umat beragama. Kita harus menjaga kerukunan antar umat beragama, antar etnis," imbuhnya.

Pesan SBY ini ia sampaikan dalam sebuah pidato yang ia sebut refleksi Ramadan.

Sejumlah pejabat PD ikut dalam kegiatan itu. SBY didampingi oleh Ny ANi Yudhoyono. Ikut hadir Ketua PD Jawa Timur Soekarwo dan Ny Nina Soekarwo. Anak bungsu SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono, anggota DPR RI Vena Melinda, Nurhayati Ali Assegaf dan Ayub Khan juga terlihat hadir.

Sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, dan akademisi juga terlihat hadir. Tidak lupa jajaran pengurus dan kader Demokrat di Malang Raya, juga dari beberapa daerah di Jawa Timur.

Sebelum SBY menggelar Safari Ramadan di Kota Malang, putra sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga menggelar acara di Kota Malang, Rabu (14/6/2017) malam. AHY nongkrong bersama Muda-Mudi Demokrat di sebuah rumah makan di Kota Malang. 

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help