Surya/

Laporan Khusus

VIDEO - Hendak Mudik Lewat Surabaya? Ketahui Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2017

Berencana mudik lewat Surabaya? Sebaiknya anda ketahui kapan puncak arus mudik akan terjadi sehingga terhindar macet. Simak di berita ini...

SURYA.co.id | SIDOARJO – Puncak arus mudik di Terminal Purabaya di Sidoarjo diprediksi akan terjadi pada H-3 dan H-2 Lebaran.

Kepala Sub Keamanan dan Penertiban UPT Terminal Purabaya, Hardjo, mengatakan, prediksi tersebut berdasarkan pada kondisi di momen yang sama tahun sebelumnya.

Ia menduga, program mudik gratis yang diadakan pelbagai pihak turut mempengaruhi jumlah para penumpang di terminal.

“Di provinsi juga ada mudik gratis H-3. Mungkin mereka (yang tak kebagian jatah mudik gratis) malamnya akan berbondong-bondong ke sini,” katanya, Rabu (14/6/2017).

Hardjo pun tak memungkiri para calon pemudik sudah akan berdatangan pada H-7. Namun lonjakan pada saat itu disebut belum akan signifikan. Alasannya, masih banyak calon pemudik yang bekerja atau beraktivitas lain di Surabaya dan daerah sekitarnya.

Tumpukan penumpang di terminal yang diklaim mempunyai fasilitas bak bandara itu akan naik secara bertahap mulai H-5 dan H-4.

Di terminal itu, ada beberapa daerah terlaris tujuan mudik. Untuk bus Antar-Kota Dalam Provinsi (AKDP), Surabaya-Kediri Tulungagung, Surabaya-Jember-Banyuwangi, dan Surabaya-Malang menjadi yang teramai.

Jurusan Surabaya-Solo dan Surabaya-Semarang adalah yang teraris untuk bus Antar-Kota Antar-Provinsi (AKAP). Hardjo mengatakan, tren kota-kota tujuan itu bisa dilacak dari kondisi yang sama pada musim mudik Lebaran 2016.

“Lonjakan untuk puncak lebaran bisa 100 persen lebih. Dari yang sebelumnya jumlah penumpang di hari biasa rata-rata 29.000 menjadi 60.000,” ungkapnya.

Pantauan di lokasi, Rabu (14/6/2017), menunjukkan, belum ada kepadatan penumpang yang signifikan.

Para penumpang yang berada di titik keberangkatan terlihat lenggang. Pun sama ketika menengok ruang tunggu penumpang yang terdiri atas dua lantai. Di sudut ruang tunggu lantai 2 bahkan tanpak beberapa kursi tunggu tertumpuk di salah satu sudut karena belum termanfaatkan.

Petugas Perusahaan Otobus (PO) Akas, Faishol, mengatakan, kondisi terminal saat ini masih sepi dari pengunjung.

“H-7 sampai H+7 baru penumpang itu membeludak. Bisanya paling banyak itu H-2,” kata dia, saat ditemui di Terminal Purabaya.

Menurutnya, daerah tujuan teramai ketika mudik Lebaran adalah Kediri, Jombang, Tulungagung dan Yogjakarta. “Kalau arus baliknya itu kebanyakan dari Tulungagung, Jombang dan lain-lain yang orang-orangnya persiapan kembali bekerja,” pungkasnya. 

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help