Surya/

Berita Politik

Hasil Survei: Toleransi terhadap Politik Uang di Jatim Cukup Tinggi

Hanya 30 persen responden yang akan memilih calon yang memberi uang. Serta, 8 persen responden akan memilih calon yang memberikan uang lebih banyak.

Hasil Survei: Toleransi terhadap Politik Uang di Jatim Cukup Tinggi
surya/bobby constantine koloway (Bobby)
Peneliti Indikator Politik Indonesia, Hendro Prasetyo (kiri) merilis hasil survei lembaganya, pada acara temu jurnalis di salah satu rumah makan di Surabaya pusat, Minggu (11/6/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Hasil survei Indikator Politik Indonesia (Indikator) menyatakan bahwa tingkat toleransi politik uang di Jatim cukup tinggi. Uniknya, meskipun masyarakat mengaku menerima fenomena ini, penelitian tersebut menunjukkan bahwa uang tak lantas memengaruhi pandangan orang untuk memilih salah satu calon.

Berdasarkan temuan tersebut, masyarakat yang menolak adanya politik uang hanya sebesar 59 persen. Sebaliknya, masih ada 41 persen masyarakat menerima fenomena politik uang sebagai hal yang wajar.

Menariknya, meskipun mengaku menerima fenomena tersebut, ternyata tidak semua masyarakat lantas memilih calon atau si pemberi uang.

Nyatanya, hanya 30 persen responden yang akan memilih calon yang memberi uang. Serta, 8 persen responden akan memilih calon yang memberikan uang lebih banyak.

Sedangkan separuh responden lainnya (50 persen) akan tetap menerima uang pemberian. Namun, terkait pemilihan calon ditentukan sendiri sesuai hati nuraninya.

Di sisi lain, meskipun sebanyak 59 persen tidak menganggap wajar adanya fenomena politik uang, namun hanya 6 persen saja responden yang akan menolak uang dari pemberian calon tersebut.

"Pandangan tak wajar terhadap fenomena politik uang, ternyata bukan berarti masyarakat akan menolak apabila diberi uang oleh salah satu calon," kata peneliti Indikator, Hendro Prasetyo, Selasa (13/6/2017).

"Meskipun menerima, nyatanya hal tersebut tak mempengaruhi pilihan secara signifikan. Kecocokan kandidat terhadap hati nurani pemilih masih menjadi faktor terbesar dalam menentukan figur," pungkas Hendro.

Survei oleh Indikator tersebut dilakukan pada 3-7 Mei 2017 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel sebanyak 819 orang dan margin of error survei ini sekitar 3,5 persen serta tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help