Surya/

Politik

Survei Indikator : Jokowi Menang di Jatim Jika Pilpres Digelar Sekarang

Menurut lembaga survei ini, kalau Pilpres digelar Sekarang, maka kemungkinan besar Jokowi akan mendulang suara terbanyak di Jatim. Ini alasannya...

Survei Indikator : Jokowi Menang di Jatim Jika Pilpres Digelar Sekarang
ist/Humas Pemprov Jatim
Presiden Jokowi saat berkunjung ke Malang beberapa waktu lalu. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Selain merilis hasil survei terhadap kandidat calon gubernur berpotensial di Jatim, lembaga survei Indikator Politik Indonesia (Indikator), Senin (12/6/2017) juga menunjukkan tingkat ketertarikan masyarakat Jatim terhadap calon presiden RI mendatang.

Hasilnya, Presiden RI saat ini, Joko Widodo (Jokowi), akan kembali menang apabila pemilihan di gelar sekarang.

Berdasar hasil survei tersebut, apabila secara spontan, 28,2 persen responden akan memilih Jokowi. Di uturan berikutnya, ada nama Prabowo Subianto (13,6 persen), serta Agus Harimurti Yidhoyono (AHY) dan Tri Rismaharini yang masing memiliki presentase sama (0,8 persen).

Sedangkan apabila diadakan simulasi semi terbuka dengan hanya melibatkan 41 nama, Jokowi kembali mengalahkan lawannya dengan prosentase yang lebih tinggi (41,7 persen). Menguntit di belakangnya, Prabowo (20,8 persen), Risma (2,1 persen), dan AHY (2 persen).

Lalu, apabila simulasi pemilihan dilakukan secara tertutup dengan melibatkan dua nama saja, yakni Jokowi dan Prabowo, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut unggul mutlak dengan 54,4 persen, sedangkan Prabowo hanya 30,4 persen.

"Untuk saat ini, tingkat keterpilihan Pak Jokowi masih sangat tinggi. Apalagi, kalau head to head, selisihnya bakal cukup jauh," kata peneliti Indikator, Hendro Prasetyo kepada Surya, Senin (12/6/2017).

Dari hasil survei tersebut terlihat bahwa dkungan terhadap Jokowi dominan dari kelompok usia 25 tahun ke bawah dan usia di atas 55 tahun. Merata, pada setiap gender. Berlatar belakang kalangan pedagang, ibu rumah tangga, dan pekerjaan lainnya.

Mereka berpendapatan menengah tas, dan berasal dari dapil 1, 4, 5, 6, 7, 8, 10, dan terutama di wilayah perkotaan.

Survei oleh Indikator tersebut dilakukan pada 3-7 Mei 2017 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel sebanyak 819 orang dan margin of error survei ini sebesar -+ 3,5 persen serta tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help