Surya/

Citizen Reporter

Mudah Belajar Bertani Organik

sejatinya bertani itu mudah dan menyenangkan asal dilakukan dengan ikhlas .. karena bertani itu menghargai proses dan bukan kerja instan ...

Mudah Belajar Bertani Organik
pixabay
ilustrasi 

Reportase Ahmad Fairozi
Pendiri Rumah Baca Indonesia (Rumah Baca ID)

PULUHAN pemuda dan warga Dusun Bungkandang, Desa Ketawang Laok, Kecamatan Guluk-guluk, Madura, Minggu, (21/5/2017) lalu, tengah praktik membuat pupuk cair organik.

Diinisiasi oleh Rumah Baca Indonesia (Rumah Baca ID) dan pengurus Nahdlatul Ulama Sumenep, praktik tersebut untuk pemberdayaan petani yang ingin belajar mengolah pertanian organik.

"Hari ini dimulai dengan dasar-dasar mempersiapkan pertanian organik," ujar Kiai Syihabuddin.

Sebelum bertani organik, yang harus dipersiapkan adalah hal-hal dasar membuat pupuk dan mengolah media tanah serta cara pembibitan hingga penanaman.

Sementara Panji Taufiq, Ketua Tanfidziah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Sumenep meyakinkan, bila membuat pupuk organik itu sangat mudah. Yang sulit justru mengembangkan pertanian berbasis organik secara berkelanjutan.

"Selama ini, petani sudah menerapkan pola bertani instan, bukan seperti bertani zaman dahulu yang penuh dengan proses," kisahnya.

Saatnya petani harus berpikir ulang tentang cara dan proses bertani efektif. "Jangan terbawa arus teknologi yang cenderung tinggi pembiayaan dan perawatannya. Selagi mampu menekan proses bertani untuk menjadi lebih efisien dan sederhana, lakukanlah," ungkapnya.

Sementara H Rusni, pembimbing pembuatan pupuk cair organik menegaskan, bertani organik itu cukup sederhana dan tidak rumit.

"Yang rumit itu, karena kita tidak mengetahui cara serta prosesnya. Jika sudah tahu, akan lebih mudah, hemat dan hasilnya lebih menguntungkan," jamin H Rusni, pegiat pertanian organik dari Kabupaten Sumenep.

Rusni menambahkan, pertanian berbasis organik lebih mudah dan menguntungkan asal tahu cara dan teknik pengembangannya.

"Banyak orang berasumsi jika pertanian organik itu sulit, itu salah, yang jelas pertanian organik itu lebih murah dan efisien jika dibandingkan dengan pertanian non organik," tambahnya.

Usai pemaparan, peserta berpraktik membuat pupuk cair organik.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help