Surya/

Laporan Khusus

Awas, Warung Makan Langka Saat Lebaran di Kota Batu

Berencana liburan ke Kota Batu? Sebaiknya urusan makan selama berwisata juga mulai dipersiapkan sebelum berangkat. Ini alasannya...

Awas, Warung Makan Langka Saat Lebaran di Kota Batu
surabaya.tribunnews.com/M Taufik
Suasana alun-alun Kota Wisata Batu ketika malam hari. bukan hanya saat liburan, di hari-hari biasa juga tempat ini selalu dipadati banyak pengunjung. 

Laporan Reporter Surya, M Taufik & Aflahul Abidin

SURYA.co.id | BATU – Libur Lebaran 2017 tinggal sebentar lagi. Jika anda memiliki rencana berlibur ke Kota Batu, sebaiknya untuk urusan makan selama berwisata juga mulai dipersiapkan sebelum berangkat.

Berdasarkan pengalaman libur Lebaran 2015, banyak wisatawan di Kota Wisata Batu yang kesulitan mencari makanan dan minuman. Ini lantaran banyak PKL dan warung yang tutup karena libur Lebaran.

Persediaan makanan dan minuman di warung dan PKL yang ada, habis terbeli oleh wisatawan. Bahkan, banyak wisatawan di Kota Batu terpaksa harus pergi ke Kota Malang atau ke wilayah Pujon, Kabupaten Malang untuk sekadar mencari makanan dan minuman.

Melihat fenomena itu, Dinas Pariwisata Pemkot Batu pada Lebaran 2016 sempat mengimbau wisatawan untuk membawa perbekalan makan dan minum sendiri. Pasalnya, seringkali wisatawan kesulitan untuk mendapatkan makanan dan minuman saat berlibur di berbagai obyek wisata yang ada di Kota Batu.

Dalam beberapa tahun terakhir, wisatawan domestik yang berkunjung ke Kota Wisata Batu terus membeludak. Di sisi lain, banyak PKL dan warung makanan di Kota Batu yang memilih libur saat lebaran.

Seperti kebanyakan masyarakat, momen lebaran selalu dimanfaatkan untuk libur. Tak terkecuali sejumlah pedagang makanan di kawasan wisata Kota Batu, yang juga memilih libur untuk berlebaran atau mudik ke kampung halaman.

Pengelola Depot Sonde Ikan Bakar, misalnya. Sejak jauh hari, mereka sudah merencanakan libur saat lebaran nanti. Depot yang berada di Rest Area Karangploso, Malang ini bakal tutup mulai H-2 lebaran hingga H+4 nanti.

Menurut Habibah, pemilik Depot Sonde Ikan Bakar, pihaknya menutup tempat usahanya karena ingin memberi kesempatan karyawaannya untuk menikmati libur lebaran.“Kalau buka, ini pegawainya kasihan,” kata pebisnis yang masih berstatus mahasiswi di Universitas Muhammadiyah Malang itu saat ditemui Surya pekan lalu.

Gadis 20 tahun ini menceritakan, pegawai di depotnya berasal dari Malang selatan. Sedangkan dirinya sendiri juga harus mudik ke kampung halaman di Sidoarjo. “Tapi ini juga masih rundingan sama manajerku untuk memastikan berapa hari liburnya,” tambahnya.

Halaman
123
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help