Surya/

Citizen Reporter

Aksi Membaca Massal Warga Perbatasan

walau hanya beberapa menit saja, setidaknya aksi membaca massal yang dilakukan warga Kecamatan Lumbis Ogong, Nunukan ini sudah memantik api literasi..

Aksi Membaca Massal Warga Perbatasan
flickr
ilustrasi 

Reportase Ratri Mia Fitriani
Guru SM3T VI Universitas Negeri Surabaya di SMPN 3 Lumbis Ogong, KabupatenNunukan, Kalimantan Utara

 

                                                                

MEMPERINGATI hari buku nasional 17 Mei 2017 lalu dirayakan dengan cara tidak biasa oleh warga kelompok Desa Sukamaju, Kecamatan Lumbis Ogong, Kabupaten Nunukan,  Kalimantan Utara.

Berawal dari ide sederhana Risky, pengajar muda (sebutan bagi relawan  Indonesia Mengajar) yang  ingin mengajak warga Desa Sukamaju untuk membaca massal buku.

Dibantu teman-teman pengajar muda lainnya dan guru SM3T di desa tersebut,  akhirnya untuk kali pertama diadakan peringatan hari buku nasional di Nunukan.

“Saya hanya ingin mengajak warga untuk mulai membaca buku meskipun pada acara ini mereka membaca buku hanya beberapa menit saja," jelas Risky.

Selain membaca massal apa saja, buku ataupun koran, alasan warga Desa Sukamaju antusias menghadiri acara tersebut adalah adanya woro-woro anuntun pidio atau menonton film pada selembaran undangan yang disebar.

Hal tersebut merupakan pengalaman pertama warga Desa Sukamaju menonton film bersama menggunakan LCD proyektor. "Bagus sekali nonton film pakai LCD. Saya harap lain kali ada acara seperti ini lagi," tutur Sari, ibu rumah tangga warga setempat.

Kegiatan seperti ini memang tidak mudah dilakukan di daerah perbatasan. Banyak kendala  yang dihadapi, seperti tak adanya tenaga listrik,  jaringan seluler, dan kurangnya fasilitas pendukung yang lain.

Namun melihat antusias warga perbatasan yang tetap semangat menggali hal-hal baru  yang positif membuat para relawan atau guru yang sedang mengabdi di sana tetap semangat memberikan pengalaman-pengalaman baru kepada pada warga.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help