Berita Surabaya

Pemkot Siapkan Tarif Trem Murah Bersubsidi ternyata ini Tujuannya

Pemkot selain diminta untuk menyiapkan sarana dan prasarana juga diminta untuk memikirkan tentang penerapan tarif trem nantinya.

Pemkot Siapkan Tarif Trem Murah Bersubsidi ternyata ini Tujuannya
SURYA.co.id/Dya Ayu
Kepada Dinas Perhubungan Surabaya, Irvan Wahyu Drajad saat berada di Gedung DPRD Surabaya, Rabu(24/2/2016). 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya kini tengah menggodok segala persiapan untuk trem yang direncanakan mulai beroperasi pada tahun 2019 mendatang.

Salah satunya adalah mempersiapkan tarif murah untuk angkutan massal cepat trem. Tujuannya agar trem diminati oleh warga masyarakat sehingga mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad mengatakan, untuk tarif memang menjadi tugas pemkot dalam MoU bersama Kemenhub dan Dirjen Perkeretaapian.

Pemkot selain diminta untuk menyiapkan sarana dan prasarana juga diminta untuk memikirkan tentang penerapan tarif trem nantinya.

"Kami sudah siapkan kajiannya. Bersama Bappeko dan juga Dishub. Yang jelas trem akan dibuat murah agar orang mau beralih moda transportasi, dari angkutan pribadi ke angkutan umum," kata Irvan, Minggu (11/6/2017).

Ia mengatakan, ada dua opsi tarif yang ada dalam kajian Dinas Perhubungan. Yang pertama adalah tarif operasional dan kedua adalah tarif bersubsidi.

Tarif bersubsidi ini muncul lantara adanya perbedaan antara tarif operasional trem dengan kemauan warga Surabaya untuk melakukan pembayaran angkutan umum.

"Kalau tarif operasionalnya trem setelah dihitung sekitar Rp 11 ribu. Sedangkan untuk kemauan membayar tiket dari warga Surabaya hanya sekitar Rp 7.000 perperjalanan," kata Irvan.

Sehingga selisihnya itu akan menjadi beban pemerintah untuk memberikan subsidi. Agar tarif yang dipatok nantinya bisa dijangkau oleh masyarakat kota Surabaya.

Hal senada juga disampaikan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Ia menyebutkan bahwa pemkot akan memberikan subsidi sebagai bantuan tarif.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved