Surya/

Lapor Cak

Kebocoran Pipa PDAM Karena Proyek Box Culvert Bukan Kali Pertama Terjadi

Pengerjaan proyek box culvert memang kerap menyebabkan rusaknya pipa saluran air dari PDAM. Begini komentar PDAM...

Kebocoran Pipa PDAM Karena Proyek Box Culvert Bukan Kali Pertama Terjadi
surabaya.tribunnews.com/Fatimatuz Zahroh
Pengerjaan proyek box culvert di kelurahan Tanjungsari, Surabaya yang disebut sebagai penyebab macetnya layanan air bersih untuk warga setempat. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bocornya pipa PDAM karena pengerjaan proyek box culvert yang terjadi di Kelurahan Tanjungsari, Surabaya, bukan kali pertama terjadi.

Malahan saat ini ada dua lokasi yang mengalami kasus yang sama. 

Manager Sekretariat dan Humas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya, Ari Bimo Sakti, mengatakan, saat ini pihaknya juga memperbaiki pipa di Bubutan.

“Kasusnya sama, karena pipa kegaruk alat berat. Jadi bocor,” ucapnya.

Namun, pipa yang ada di Bubutan ini tidak separah yang ada di Tanjungsari. Sebab diamater pipa hanya 100 milimeter. Sehingga, kerusakan pipa itu dampaknya tidak seluas di Tanjungsari.

Selain itu, dalam perbaikan pipanya, PDAM Surya Sembada tidak menghentikan layanan. Sebab diprediksi perbaikan pipa air bisa rampuung dalam satu hari saja.

Ia menambahkan, kerusakan saat ada box culvert memang sering terjadi. PDAM selalu koordinasi dengan pengerja proyek.

“Mereka memberitahu kami bahwa akan ada pemasangan box culvert di titik tertentu dan menggunakan alat berat. Mereka tahu akan berisiko besar, sehingga memberi kabar ke kami untuk antisipasi,” kata Bimo.

Jika sudah seperti itu, tim dari PDAM Surya Sembada akan siap di tempat. Sebab, saat menggunakan alat berat seperti backhoe tidak bisa perlahan.

“Sudah siap-siap. Saat diberi tanda pipa bocor tim langsung gerak memperbaiki. Semua perbaikan ditanggung PDAM, bukan kontraktor,” tegasnya.

Karenanya, ia meminta warga bersabar dan memaklumi saat ada gangguan dari layanan air akibat proyek box culvert.

“Tetapi yang pasti perbaikan pipa dilakukan secepatnya agar gangguan ke pelanggan tidak sampai berhari-hari,” pungkas Bimo. 

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help