Surya/

Pesona Ramadan

VIDEO - Jejak Pujangga Ranggawarsita di Pondok Kyai Besari, Ponorogo

JEJAK RANGGAWARSITA, PUJANGGA JAWA TERAKHIR, DI PONDOK PESANTREN TEGALSARI, #PONOROGO. Sampai kini, suraunya masih terpelihara, juga rumah sang kyai.

SURYA.co.id | PONOROGO - Kyai Muhammad Besari dan Ranggawarsita. Kedua nama ini mungkin agak asing bagi anak-anak muda Jawa saat ini. Sang kyai adalah tokoh agama Islam zaman kolonial.

Sedangkan Ranggawarsita adalah pujangga Jawa terakhir yang wafat dalam usia 71 tahun pada tahun 1873 di Solo, Jawa Tengah.

Ketika Ranggawarsita masih kecil, kakeknya meminta dia untuk mendalami agama Islam di pondok asuhan Kyai Besari. Lokasinya di Desa Tegalsari, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo.

Bagus Burham, nama kecil Ranggawarsita, ditemani pengasuhnya, Ki Tanujaya. Meski sudah di lingkungan pondok, Bagus kecil ternyata tetap nakal, misalnya suka judi. Ki Tanujaya juga tetap menunjukkan tingkah yang tidak Islami, misalnya suka menunjukkan kedekatannya dengan makhluk halus.

Melihat hal itu, sang kyai tentu tidak suka. Sang kyai pun marah. Bagus dan Ki Tanujaya lalu minggat. Kakeknya yang mendapat pengaduan hal itu, kemudian meminta abdinya untuk mencari.

Setelah keduanya dapat ditemukan, dikembalikanlah ke pondok untuk menuntut ilmu hingga tuntas.

Dan, inilah kisah tentang jejak sang kyai.

Baca: VIDEO - Menelusuri Jejak Peninggalan Sunan Kalijaga di Bukit Surowiti

Baca: VIDEO - Pantai Boom Tuban, Saksi Ekspedisi Pamalayu 1275 hingga Penyebaran Islam

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help