Surya/

Citizen Reporter

Gebyar Literasi Sagu Sabu Guru Indonesia

ternyata tak ada yang mustahil saat ratusan guru dari berbagai daerah di Indonesia menuangkan ide dan gagasan mereka ke dalam buku ...

Gebyar Literasi Sagu Sabu Guru Indonesia
rita erwiyah/citizen reporter
Gebyar literasi guru Indonesia 

Reportase Rita Erwiyah
Kepala Sekolah SDN Wonorejo IV/315 Surabaya

TANGGAL 20 Mei 2017 ditandai sebagai hari Kebangkitan Nasional yang diperingati masyarakat Indonesia dengan berbagai kegiatan. Berbeda di Kemendikbud, Hari Kebangkitan Nasional ditandai dengan kebangkitan literasi Indonesia berupa Gebyar Literasi yang dihelat MediaGuru dengan dukungan Kemendikbud.

340 Buku baru karya guru terseleksi dari 450 naskah yang masuk dan diluncurkan pada acara itu. Para guru penulis ini mencatat sejarah baru, sejarah kebangkitan literasi Indonesia. Di antara buku-buku yang dirilis termasuk buku hasil lokakarya yang dihelat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 28 April hingga 1 Mei 2017 lalu.

Buku–buku karya para guru ini juga dipamerkan di stan Kemendikbud saat pameran Pekan Pendidikan dan Kebudayaan 2017 di Lippo Mall Puri Jakarta Barat, 20 Mei 2017. Dibuka langsung oleh Dirjen GTK, Sumarna Surapranata PhD.

Ada Batman Teacher buku keren yang ditulis oleh guru dari Sumenep yang menceritakan perjuangan seorang guru yang bertugas di pulau yang sangat sulit dijangkau. Ada buku Sisik Yang Berbunga karya guru dari Riau yang mengajarkan cara kreatif mengolah limba sisik ikan yang di sulap jadi barang-barang bernilai jual tinggi. Ada buku Matematika itu seru dan Merangkai Asa di Bibir pantai yang ditulis guru dari Surabaya. Dan masih banyak karya keren yang dipamerkan di sana.

Mimpi ratusan guru inipun terbukti nyata, hari itu mereka dinobatkan menjadi penulis keren, karena guru menulis itu adalah guru keren, ujar M Ihsan, CEO MediaGuru.

Rasa haru dan bangga terpancar jelas dari ratusan guru-guru keren dari berbagai daerah ini. kerja keras dan pengorbanan mereka terbayar lunas hari itu. Dengan bangga pula mereka berkampanye dengan membawa poster judul buku mereka di acara car free day pada tanggal 21 Mei 2017 bersama para petinggi Kemendikbud dan para petinggi Mediaguru.

Kampanye Literasi berjalan penuh semangat. Para guru ini mengenalkan program satu guru satu buku atau Sagu Sabu yang mulai diluncurkan akhir tahun 2016 oleh Mediaguru.

Terbukti, program Sagu Sabu mampu mencetak ratusan penulis baru dari kalangan guru dari seluruh Nusantara dan akhirnya mendapat dukungan penuh Diretorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Semoga ini jadi penanda kebangkitan literasi di negeri tercinta ini. Aamiin

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help