Berita Inovasi

VIDEO - Mahasiswa Ubaya Perkenalkan Tepung dari Batang Buah Naga

Mahasiswa asal Madiun ini mengaku untuk bisa jadi tepung, batang buah naga terlebih dahulu harus dicuci dan dioven dengan suhu 60 derajat C.

Reportase: Pipit Maulidiya

SURYA.co.id | SURABAYA - Chriselda Catya Sudono atau yang akrab disapa Yaya, mahasiswa Peminatan Pangan Jurusan Biologi Fakultas Teknobiologi, Universitas Surabaya menemukan sebuah inovasi baru. Tepung dari batang buah naga.

Mahasiswa asal Madiun ini mengaku untuk bisa jadi tepung, batang buah naga terlebih dahulu harus melalui proses pencucian. Kemudian batang buah naga disayat tipis-tipis dan dikeringkan dalam oven selama satu hari dengan suhu 60°C.

Menurutnya hal ini dilakukan untuk membuang semua kandungan air yang ada dalam batang buah naga. Batang buah naga yang sudah kering kemudian diblender hingga halus menjadi tepung. Setelah diblender, tepung diayak untuk memisahkan tepung dari kotoran dan bagian yang kasar.

"Saya memanfaatkan seluruh bagian dari batang buah naga termasuk kulitnya untuk diolah menjadi tepung yang diharapkan dapat memiliki umur simpan lebih lama," jelas mahasiswa semester 8 ini, Minggu (4/6/2017).

Yaya menjelaskan dalam penelitiannya 4 kg batang buah naga bisa menjadi 400 gram tepung. Tepung batang buah naga ini bisa bermanfaat sebagai campuran pembuatan produk makanan. Seperti cookies, agar-agar, mie, yoghurt dan cake.

"Untuk membuat cookies, tepung batang buah naga bisa mensubstitusi tepung terigu hingga 25 persen dan memberikan rasa yang khas pada produk. Banyak yang bilang aroma dan rasanya mirip dengan greentea," katanya meyakinkan.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved