Surya/

Lapor Cak

Urus Akta Lahir Anak Bisa Langsung di Rumah Sakit Saat Bersalin, begini Prosedurnya

“Pengurusannya juga cepat. Cukup 24 jam. Input hari ini langsung kami cetak hari itu juga."

Urus Akta Lahir Anak Bisa Langsung di Rumah Sakit Saat Bersalin, begini Prosedurnya
surya/achmad zaimul haq
LAHIR DAPAT AKTA - Sejumlah bayi di ruang perawatan bayi RS Kendangsari beberapa waktu lalu. Bekerjasama dengan rumah sakit, kini Dispendukcapil melayani pengurusan akta lahir langsung dari rumah sakit dan puskesmas. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA – Warga kota Surabaya kini tak perlu lagi ribet untuk mengurus akta kelahiran anggota keluarga baru. Pasalnya, selain bisa mengurus akta kelahiran melalui mobile apps, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kini memiliki inovasi baru.

Warga sekarang sudah bisa mengurus akta kelahiran dan juga pendaftaran dalam Kartu Keluarga langsung dari rumah sakit tempat bayi dilahirkan.

Moevia Pebiniarti, salah satu warga dari Putro Agung melahirkan putrinya di RS PHC. Putri keduanya yang diberi nama Hifza Almashyra Azzahra itu langsung memanfaatkan layanan pembuatan kata dan KK baru di rumah sakit tempatnya bersalin.

“Alhamduliah lahiran lancar dapat kabar dari rumah sakit untuk pengurusan akta. Jadi langsung diurus suami membuatkan akta si kecil," ucap Via.

Tidak hanya itu, di rumah sakit tersebut ia juga ditawarkan untuk sekalian memasukkan anggota keluarga baru agar dimasukkan ke dalam KK. Ia pun langsung setuju dan jadi satu mengurus KK.

"Sekarang sudah jadi. Malah sebelum pulang RS berkasnya sudah diberikan ke kami. Jadi saat di rumah sakit sudah input data bayi dan KK," ulas Moevi.

Menurutnya, layanan ini sangat membantu. Kalau tidak ada layanan ini, kemungkinan ia baru akan nanti mengurus akta anaknya.

"Tapi kalau sekalian di rumah sakit, sangat membantu sekali,” ucapnya. Ia dan keluarga diundang ke Balai Kota Surabaya saat Hari Jadi Kota Surabaya bersama tiga keluarga lain dari rumah sakit berbeda.

Layanan membuat akta dan KK di rumah sakit ini adalah program baru yang digagas oleh Dispendukcapil Surabaya. Bisa mengurus akte saja atau sekalian mengurus ganti KK baru untuk memasukkan nama anak yang baru lahir.

“Total sekarag sudah ada sebanyak 106 lembaga fasilitas kesehatan yang sudah bekerja sama dengan Dispendukcapil dalam pengurusan akta kelahiran untuk bayi yang baru lahir ddan pendaftaran dalam KK,” ucap Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya, Suharto Wardoyo.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help