Surya/

Citizen Reporter

Selayang Pandang Berkunjung ke Padang

bukan sekadar lapar mata bila isi dompet mendadak terkuras habis, maklum tenun songket Bukittinggi ini benar-benar membius hati ...

Selayang Pandang Berkunjung ke Padang
istimewa
Jam gadang Padang 

Reportase Laily Fitriani
Dosen Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang

BERKUNJUNG ke Padang di Sumatera Barat, elok kiranya mampir ke beberapa destinasi terkenal, seperti Ngarai Sianok, Lubang Jepang, Madrasah Diniyah Putri Padang Panjang dan Kota Bukittinggi.

Pengalaman mengajarkan, perjalanan kurang lebih satu jam dari Padang ke Padang Panjang. Jalur yang cukup padat di jalanan berkelok membuat bis yang saya tumpangi berjalan ekstra hati-hati. Air terjun berair jernih terlihat di kejauhan. Hawa dingin mulai menyergap.

Madrasah Diniyah Putri Padang Panjang di Kota Padang Panjang menjadi tujuan kunjungan pertama saya. Sepanjang jalan tulisan Asmaul Husna termpampang menambah kesyahduan kota santri ini.

Didirikan Rahmah El-Yunusiyah, madrasah ini merupakan sekolah perempuan pertama di Indonesia yang dibangun tahun 1925 masa penjajahan Belanda. Tak pelak, madrasah ini berkonstribusi besar pada era perjuangan Indonesia.

Menggenggam dunia meraih surga menjadi motto Madrasah Diniyah Putri yang membekali para santriwati agar memiliki pengetahuan untuk hidup di zamannya.

Perjalanan saya berakhir di Bukittinggi, kota yang terkenal dengan jam gadangnya ini, Kota yang cukup ramai, apalagi di senja hari. Area jam gadang menjadi wahana bermain keluarga dan tempat-tempat lokasi foto menarik, selain museum Bung Hatta di sudut kota.

Menyempatkan diri salat ashar di Masjid Raya Bukittinggi untuk kemudian berjalan-jalan di pusat perbelanjaan di samping masjid. Sungguh menakjubkan!

Ternyata harus membawa uang banyak jika ingin berbelanja di sini. Aneka songket khas Bukittinggi dari harga mahal hingga murah ada.

Aneka sulam kerudung terlihat sangat indah dan siapa yang tak tergoda untuk membelinya? Kawasan wisata aneka tenun songket Bukittinggi ini terkenal seantero Indonesia hingga mancanegara.

Selain songket, ada makanan khas Bukittinggi yang terkenal enaknya. Salah satunya kripik balado, kripik singkong diiris panjang-panjang berbalut bumbu balado khas Bukittinggi membuat lidah ingn ngemil terus.

Ayo jalan-jalan ke Padang, dijamin seru dan mengasyikkan.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help